a

Social Distancing Harus Jadi Kesadaran Diri

Social Distancing Harus Jadi Kesadaran Diri

TORAJA UTARA (28 Maret): Aksi pemerintah yang sudah maksimal menangani wabah virus Corona (Covid-19), harus didukung masyarakat luas di Tanah Air. Tanpa itu, sia-sia upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Hingga Jumat (27/3) pasien positif Covid-19 mencapai 1046 orang, sembuh dari Covid-19 sebanyak 46 orang, dan pasien yang meninggal akibat positif Covid-19 mencapai 87 orang.

"Pemerintah sudah sangat maksimal dalam pencegahan dan penanganan wabah Covid-19. Tapi, bagaimanapun maksimalnya aksi pemerintah tanpa adanya dukungan dari masyarakat maka upaya pemerintah akan sia sia juga," kata anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba dalam keterangan tertulisnya yang dikeluarkan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (28/3).

 

Mengenai social distancing (pembatasan jarak sosial) yang sedang diserukan pemerintah, Legislator NasDem Dapil Sulsel III itu mengatakan, kebijakan social distancing sudah sangat baik, hanya masyarakat yang belum mematuhinya.

"Padahal, itu merupakan salah satu langkah yang diterapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Perlu penegasan kembali dan edukasi kepada masyarakat," ujar Eva. 

 

Dia memberikan contoh, saat digelar rapid test Covid-19 di sejumlah puskesmas, masyarakat terlihat tak mengindahkan seruan pemerintah soal social distancing itu. Mereka terlihat mengantri di puskesmas dan tidak menjaga jarak. 

“Social distancing harus menjadi kesadaran diri yang dimiliki oleh setiap individu masyarakat, sebagai upaya melawan wabah Covid-19," kata Srikandi NasDem tersebut.(BA/*)

Add Comment