a

Pemerintah Harus Mempercepat Program BLT

Pemerintah Harus Mempercepat Program BLT

JAKARTA (28 Maret): Ketua Fraksi NasDem DPR RI, Ahmad M Ali mendesak pemerintah mempercepat program bantuan langsung tunai (BLT) guna menjaga daya beli masyarakat kalangan bawah dalam menghadapi wabah virus Corona (Covid-19).

"Agar masyarakat kecil yang terdampak bisa segera menerima bantuan untuk melakukan social distancing. Perlu langkah-langkah solutif, ketika pemerintah inginkan social distancing berhasil, maka elemen terlemah ini perlu segera terstimulus,” ujar Ali di Jakarta, Jumat, (27/3).

Legislator NasDem itu menyebutkan, pemerintah perlu memahami perilaku masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi dalam mengambil kebijakan di tengah wabah Covid-19. Dengan begitu, kebijakan yang dibuat bisa berjalan efektif.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai NasDem itu, masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas cenderung punya kesadaran  mengisolasi diri di rumah sesuai anjuran pemerintah. Mereka punya kemampuan untuk menyiapkan stok makanan serta kebutuhan keluarga hingga masa darurat berakhir. 

"Hal ini ditandai dengan sepinya mal, lalu lintas di jalanan, restoran, hingga hotel," ungkapnya. 

Sebaliknya, kata Ali, masyarakat kalangan menengah ke bawah yang mengandalkan penghasilan harian sulit melakukan hal serupa. Terlebih, mengikuti seruan bekerja dari rumah. Masyarakat kelompok ini akhirnya lebih memilih pemikiran rasional. 

"Mereka masih melakukan kegiatan ekonomi di pasar, ngojek, dan berdagang seperti biasa. Padahal potensi penularan sangat tinggi di tempat-tempat keramaian,” ujar dia.(medcom/*)

Add Comment