a

Pemerintah Perlu Simulasi Dampak Covid-19 di Sektor Ekonomi

Pemerintah Perlu Simulasi Dampak Covid-19 di Sektor Ekonomi

JAKARTA (18 Maret): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung menyarankan pemerintah membuat simulasi dampak Covid 19 (Virus Corona) terhadap sektor-sektor ekonomi yang harus diprioritaskan. 

"Kebijakan simulasi ekonomi bisa diarahkan dengan prioritas pada sektor-sektor ekonomi yang terdampak langsung. Dugaan saya, misalnya, sektor pariwisata, transportasi, retail (termasuk UMKM retail), dan manufaktur yang human intensive (melibatkan banyak tenaga kerja)," papar Legislator NasDem dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (18/3).

Martin menambahkan, sektor-sektor tersebut bisa dipilah lagi. Mana sektor yang selama ini kinerjanya menengah dan baik harus diprioritaskan. Tujuannya, agar mereka dapat bertahan dan tetap berkontribusi bagi perekonomian. Sementara yang selama ini memang kinerjanya buruk, ditangani nanti.

"Dari sisi permintaan, agar dibuat skema mempertahankan sisi permintaan tetap stabil. Misalnya, apakah perlu penurunan suku bunga atau perpanjangan pungutan pajak agar masyarakat tetap memiliki daya beli," jelas anggota DPR Dapil Sumatera Utara II itu.

Martin menilai, kebijakan sisi permintaan ini mungkin akan menaikkan inflasi, sehingga perlu diukur batas maksimalnya, sampai berapa persen.

"Inflasi naik sedikit masih baik, agar pertumbuhan ekonomi bisa dihambat penurunannya," pungkasnya.(BA/*)

Add Comment