Pemerintah Perlu Siapkan Standar Penanganan Corona

JAKARTA (12 Maret): Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Martin Manurung meminta Pemerintah Pusat segera menyosialisasikan standar penanganan virus Corona (Covid-19) hingga jajaran pemerintahan terbawah.

Memperhatikan kondisi saat ini, Martin meminta Pemerintah Pusat menyiapkan modul sosialisasi dan memberikan instruksi kepada jajaran kepala daerah terkait pencegahan dan penanganan virus tersebut.

“Korban terinfeksi virus Corona terus bertambah. Bahkan penambahannya terus meningkat, sejak virus mematikan ini dinyatakan telah masuk ke Indonesia,” ujar Martin saat ditemui, di Jakarta, Kamis (12/3).

Untuk mempersempit penyebaran virus Corona, Legislator NasDem tersebut meminta pemerintah untuk menyediakan dan memperbanyak fasilitas penanganan kesehatan, baik tenaga medis maupun ruang penanganannya.

“Semuanya itu juga harus sesuai standar. Untuk itu jajaran kepala daerah harus mengetahuinya, sehingga mereka pun bisa menyosialisasikannya hingga tiap desa. Fasilitas-fasilitas kesehatan yang sesuai standart harus disiapkan di daerah secara berjenjang hingga rujukan nasional,” ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu.

Menurut anggota DPR dari Dapil Sumatera Utara (Sumut) II itu, dengan sosialisasi berjenjang hingga tingkat pemerintahan terbawah itu diharapkan masyarakat tahu ke mana mereka harus datang untuk memperoleh bantuan medis.

Untuk menghindari penambahan virus bawaan baru, Ketua DPP Partai NasDem Bidang Hubungan Luar Negeri itu juga meminta pemerintah membatasi keluar masuknya manusia ke negara-negara yang terinfeksi virus Corona.

“Dalam jangka pendek memang pembatasan itu akan berdampak bagi industri penerbangan dan bandara. Tetapi, pada saat ini hal itu tidak terelakkan,” pungkasnya.

Pemerintah Indonesia mengumumkan adanya tambahan orang yang dinyatakan positif virus Corona. Hingga Kamis (12/3) sore, di Indonesia ada 52 kasus yang dinyatakan positif Corona.(BA/*)

Written by 

Berita Serupa

Leave a Comment