Pertanian Tetap Jadi Sektor Utama

KETAPANG (11 Maret): Pertanian bukanlah sektor kelas dua ataupun kelas tiga, namun harus menjadi sektor utama di Republik ini. Hal itu ditegaskan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Syarif Abdullah Alkadrie di sela-sela mengikuti acara panen raya di Desa Tempurukan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (11/3).

“Pertanian harus menjadi sektor utama bukan kelas dua. Ini harus menjadi perhatian bersama. Pemerintah dan kebetulan Menteri Pertanian (Mentan) merupakan kader Partai NasDem yang sedang berupaya memperluas lahan pertanian, serta memodernisasi alat mesin pertanian,” kata Syarif saat bertemu para petani dan ibu-ibu tani di Desa Tempurukan, Ketapang, Kalbar itu.

Menurut dia, Partai NasDem hingga saat ini tetap fokus memberikan perhatian khusus bagi kemajuan sektor pertanian Indonesia.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu juga menyatakan di tahun 2020, Desa Tempurukan akan mendapatkan irigasi persawahan yang telah diusulkannya ke Kementerian PUPR melalui Program Pembangunan Penataan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI).

“Saya harapkan program itu bisa membantu para petani dalam memperbaiki tata guna air. Kita mengharapkan para petani bisa mandiri, dan pemerintah membantu pembangunan infrastruktur pertaniannya, alat dan mesin pertanian, pemasaran hingga jaminan harga. Kita harap pertanian menjadi lapangan pekerjaan yang menjadi pilihan utama, dan bangsa ini bisa betul-betul swasembada,” tegas Legislator NasDem itu.

Bila saat ini dalam setahun bisa dua kali menanam padi dengan hasil empat sampai lima ton per hektar, lanjut Syarif, ke depan harus ditingkatkan sehingga kualitas perekonomian petani bisa jauh lebih sejahtera.

“Negara kita negara agraris dan 65 persen masih bekerja di sektor pertanian. Bila 65 persen ini sejahtera, maka bangsa ini akan jauh lebih maju,’’ kata Syarif yang juga Ketua DPW NasDem Kalbar itu.

Acara panen raya dilakukan di lahan seluas 800 hektar. Hadir dalam acara itu calon Bupati Ketapang, Junaidi SP, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Ketapang, Hamdani Adeni beserta jajaran anggota Fraksi NasDem DPRD Ketapang.(Khae/BA/*)

Written by 

Berita Serupa

Leave a Comment