a

Masyarakat Jember Harus Peduli Kesehatan Gizi Anak

Masyarakat Jember Harus Peduli Kesehatan Gizi Anak

JEMBER (11 Maret): Anggota DPR RI dari Partai NasDem Charles Meikyansah mengajak seluruh masyarakat khususnya para orang tua untuk memperhatikan kualitas gizi anak-anak.

Ajakan itu disampaikannya saat kegiatan reses Masa Persidangan ke II 2019-2020 melalui program bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari Kementerian Kesehatan RI, di Dapilnya Jawa Timur IV.

"Anak-anak ibu adalah cikal bakal bangsa ini ke depan. Kata Presiden Jokowi hari ini kita kelebihan generasi muda (milenial) dan pertumbuhannya sangat banyak dari bawah. Tapi kalau kemudian yang digambarkan dari sisi kesehatan saja, sudah ada kasus stunting, sudah ada gizi buruk yang terjadi. Maka ini adalah tanggung jawab kita bersama," ujar Charles saat memberi penjelasan kepada masyarakat, di Kabupaten Jember, Provinsi Jatim, Selasa (10/3).

Menurut Legislator NasDem itu, anak-anak merupakan aset masa depan bangsa dan negara. Terlebih, dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan memasuki era bonus demografi. Oleh karena itu harus disiapkan kualitas anak-anak.

"Ketahanan nasional mampu dicapai apabila di tingkat bawah ada ketahanan di tingkat keluarga. Maka dari itu, hal-hal yang tidak diinginkan pada anak-anak kita tentu saja harus kita atasi bersama-sama. Baik itu ancaman stunting, gizi buruk, ibu hamil KEK (kekurangan energi kronis) dan lain-lainnya," kata anggota Dewan tersebut.

Anggota DPR Dapil Jatim IV ini mengharapkan, dari efek jangka panjang program bantuan PMT bisa meningkatkan indeks kesehatan Indonesia. Oleh sebab itu, dia menyarankan kepada seluruh pihak untuk terlibat, tidak hanya para ibu.

"Ini menjadi tugas ibu-ibu kesehatan, tugas saya dan tugas semuanya. Sampaikan salam saya kepada bapak-bapak ya bu, ini tugas kita bersama untuk menjaga adik-adik semua," ajaknya.

Pihak Puskesmas Kalisat telah mendata sekitar 602 balita, kemudian yang sudah ditangani sekitar 248 orang. Sedangkan sekitar 246 ibu hamil mengalami kekurangan energi kronis.(BA/*)

Add Comment