a

Yessy Minta Pemerintah Ambil Langkah Serius Tangani Gula

Yessy Minta Pemerintah Ambil Langkah Serius Tangani Gula

MELAWI (9 Maret): Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi NasDem, Yessy Melania melakukan survei kebutuhan harga pangan di sela-sela kunjungan reses di Desa Togan Baru untuk menyerap aspirasi masyarakat dan mengecek harga kebutuhan di tingkat desa.

Dalam kunjungannya, Yessy menyebutkan, di beberapa pedagang kios harga jual gula naik dari Rp 12.000/kg menjadi Rp 20.000/kg, begitu juga harga bawang putih yang melonjak hingga Rp 70.000/kg. 

Pedagang mengaku harga naik lantaran ketersediaan barang-barang di pasar minim dan harga jual di pasar induk juga memang sudah tinggi.

"Beberapa pedagang kios mengaku hanya mengambil untung 500-1 000 rupiah/kg," ujarnya.

Di lain tempat, legislator NasDem Daerah Pemilihan Kalbar II itu menanyakan ke ibu-ibu yang sedang berkumpul  di Desa Togan Baru.

 Yessy menemukan hal senada dengan keterangan pedagang kios bahwa harga gula Rp  20.000/kg, dan  bawang putih Rp  70.000/kg.

"Ibu Santi contohnya, ia mengeluhkan tingginya harga gula dan bawang putih. Hal tersebut membuat Santi merasa terbebani," kata Yessy.

Menurut legislator NasDem itu, dengan penghasilan pekerja kebun yang tidak tetap, Santi harus mengurangi konsumsi gula dan penggunaan bawang putih di rumahnya. Padahal itu kebutuhan pokok sehari-hari. 

"Pemerintah daerah hingga pusat sudah seharusnya serius menghitung, memersiapkan, dan memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat menjelang paskah serta menghadapi dampak dari virus corona," katanya.

Ia menambahkan, perlu kolaborasi dan sinkronisasi data stok pangan hingga harga jual di tingkat pengecer agar daya beli masyarakat terjaga dan masyarakat tidak dirugikan.(HH/*)

Add Comment