a

Rico Sia Imbau Warga Sorong Papua Jangan Panik

Rico Sia Imbau Warga Sorong Papua Jangan Panik

SORONG (6 Maret): Terkait serangan virus corona (Covid-19), anggota DPR RI Fraksi NasDem Rico Sia mengimbau kepada masyarakat Kota Sorong,  Papua Barat, untuk tenang dan beraktivitas seperti biasa. Jangan panik dengan  memborong masker maupun sembako.

Hal itu disampaikannya kepada masyarakat Sorong serta pemerintahan setempat, saat melakukan kunjungan reses masa sidang II 2020, Kamis (5/3).

"Masker hanya digunakan bagi orang yang sakit, maupun kontak langsung dengan penderita. Jadi yang sehat tidak perlu pakai. Nah yang perlu dijaga adalah kesehatan dan gaya hidup yang bersih supaya tubuh tetap fit dan bugar. Jadi daya tahan tubuh tetap terjaga dari virus," ujar legislator Dapil Papua Barat di Kota Sorong.

Soal penimbunan masker yang diduga sengaja dilakukan oknum tertentu, Rico dengan tegas memastikan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan kapolri untuk menindak siapa saja pelaku penimbunan tersebut.

“Itu sudah ada perintah dari presiden agar tidak boleh ada penimbunan masker untuk keuntungan sepihak,” ujar legislator NasDem itu.

Atas hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan juga turut menjelaskan, masyarakat tidak perlu panik, karena yang seharusnya menggunakan masker hanyalah pasien yang terinfeksi virus corona.

“Kita orang sehat ini tidak perlu pakai masker. Yang pakai masker adalah orang yang sakit atau petugas kesehatan yang merawat pasien,” ujar Otto.

Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan di tempat yang sama menjelaskan bahwa pihaknya telah turun ke lapangan untuk mengecek langsung ketersediaan masker dan dugaan penimbunannya.

Kapolres Ary menjelaskan dari hasil penelusuran di lapangan, sampai saat masker masih terjual, namun stoknya terbatas, karena pasokan dari Jawa juga terbatas.

"Soal harga juga masih normal, tidak terlalu melambung naik,” katanya.(Sonia/BA/*)

Add Comment