a

Partai NasDem Siapkan Tiga Bentuk Bantuan kepada Korban Banjir

Partai NasDem Siapkan Tiga Bentuk Bantuan kepada Korban Banjir

JAKARTA (26 Februari): DPP dan Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem menyiapkan tiga bentuk bantuan kepada korban banjir di wilayah Jakarta dan Bekasi lewat Program NasDem Peduli.

Hal itu dijelaskan Koordinator Program NasDem Peduli Hermawi Taslim bahwa program tersebut merupakan amanah dari Ketua Umum Surya Paloh sebagai bentuk kepedulian NasDem kepada masyarakat.

"NasDem Peduli, ini merupakan amanah dari Ketua Umum Surya Paloh yang nantinya akan ada beberapa tahap sebagai semangat restorasi untuk hadir bersama masyarakat. Menghapus stigma partai yang ada hanya saat mendekati pemilu saja," tuturnya saat diwawancarai di ABN Partai NasDem, Pancoran Timur, Jakarta, Rabu (26/2).

Taslim menerangkan bahwa dengan dibangunnya Posko Penanggulangan Bantuan Banjir, sebagai titik poin penempatan suplai bantuan yang distribusikan ke beberapa titik banjir di Jakarta dan Bekasi.

"Jadi kita sudah dirikan posko ini sejak Selasa (25/2), kita sudah distribusikan sekitar 10.000 makanan siap saji untuk tahap pertama. Karena kita tahu, banyak anggota masyarakat yang terjebak dan tidak bisa ke mana-mana, maka kami distribusikan itu. Tahap kedua yang hari ini kita distribusikan paket sembako sebanyak 30.000 kepada masyarakat," paparnya.

Kemudian, Taslim mengatakan bahwa pendistribusian bantuan sosial ini bekerja sama dengan tingkatan bawah struktur Partai NasDem yang akan mendata dan melaporkan berapa bantuan yang diperlukan. 

"Pendistribusian kepada masyarakat melalui DPW NasDem DKI maupun struktur di bawahnya yang mendata, bisa juga pengurus partai yang datang bersama korban maupun korbannya yang datang ke sini, nantinya kita data. Nah, data itulah yang terpenting agar tidak terjadi manipulasi data," ujarnya.

Lebih jauh, Taslim yang juga wasekjen bidang kebijakan oublik dan isu strategis menjelaskan, tahapan ketiga adalah bantuan pasca banjir. Bantuan tersebut berupa pengobatan  gratis bagi masyarakat serta pendapingan bagi anak-anak agar tidak ada traumatik.

"Nah, ini setiap hari kita tentukan sampai kapan posko ini berlangsung yang jelas sampai minggu ini kita terus adakan. Setelah mereka kembali ke rumah dan banjir telah usai, kita telah siapkan program pasca banjir, berupa bakti sosial kesehatan untuk masyarakat, pengobatan seperti ispa, gatal-gatal dan lain-lain. Kita juga siapkan psikolog bagi anak-anak yang mengalami trauma pasca banjir," ujarnya.

Taslim menambahkan, nantinya bantuan pascabanjir itu akan melibatkan beberapa dokter, tim kesehatan dan psikiater yang telah disiapkan Ketua Bidang Kesehatan Okky Asokawati.

"Untuk tanggal pastinya, kita masih mempersiapkan, karena sampai saat ini kita masih menerima masukan-masukan data dari tingkat bawah, karena  masih banyak masyarakat yang mengungsi. Jadi kita ingin pastikan terlebih dulu, sampai saat ini rencana kita baru sembilan titik yang tersebar di Jakarta dan Bekasi, mungkin bisa bertambah.(BA/*)

Add Comment