a

Komisi VII DPR Dukung Pulau Biak Jadi Space Island

Komisi VII DPR Dukung Pulau Biak Jadi Space Island

JAKARTA (17 Februari): Komisi VII DPR RI mendukung rencana Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) untuk mempercepat pembangunan Bandar Antariksa serta menjadikan Pulau Biak sebagai pulau keantariksaan atau Space Island. 

Dukungan tersebut disampaikan Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto saat memimpin tim kunjungan spesifik Komisi VII DPR ke Pulau Biak, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Sabtu (15/2).

Menurut Sugeng, Lapan harus segera membuat langkah-langkah mewujudkan mimpi besar tersebut. Pertimbangan dipilihnya Pulau Biak sebagai lokasi Bandar Antariksa sudah sangat tepat, karena lokasinya dekat dengan ekuator dan langsung menghadap ke Samudra Pasifik.

"Pulau Biak ini tempat yang paling efisien untuk dibangunnya Bandar Antariksa. Kami berharap proyek ini segera dilaksanakan. Kepada pemda beserta stakeholder lain segera membentuk tim untuk membuat masterplannya," kata Legislator NasDem itu di Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, dan Penginderaan Jauh Lapan.

Untuk menyukseskan berdirinya Bandar Antariksa dan menjadikan Pulau Biak sebagai Space Island, anggota Fraksi NasDem DPR RI itu siap memperjuangkan anggaran yang dibutuhkan. 

"Kita akan dorong melalui fungsi anggaran di DPR RI. Karena kita tahu, menjadikan Pulau Biak sebagai Space Island akan memberikan multiplier effect pada masyarakat sekitar. Salah satunya pertumbuhan ekonomi," tegasnya.

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin mengatakan dalam membangun Bandar Antariksa Pulau Biak, pihaknya melibatkan pemerintah provinsi dan kabupaten di Papua, serta perguruan tinggi di Papua. 

"Untuk analisis dampak lingkungan (Amdal) kita bekerja sama dengan perguruan tinggi yakni dengan Universitas Cenderawasih," kata Thomas.

Atas hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O Mansnembra berharap rencana tersebut bisa meningkatkan kemajuan dan pembangunan Biak.

"Jadi Bandar Antariksa tentu saja diharapkan bisa memacu kemajuan dan kemandirian secara nasional sekaligus harus memberikan manfaat kepada masyarakat setempat," kata Markus.(BA/*)

Add Comment