a

Dominggus Mandacan Raih Penghargaan Lingkungan Internasional

Dominggus Mandacan Raih Penghargaan Lingkungan Internasional

LOS ANGELES (9 Juni): Gubernur Papua Barat yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Papua Barat, Dominggus Mandacan, menerima penghargaan 'Pahlawan Konservasi Global' dari Organisasi Non-Profit Konservasi Internasional (CI) di Los Angeles, Amerika Serikat, Sabtu (8/6).

Dominggus mendapat penghargaan tersebut setelah DPRD Papua Barat mengesahkan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Pembangunan Berkelanjutan yang mengedepankan prinsip-prinsip pembangunan yang ramah lingkungan.

 Dominggus dinilai memegang komitmen menjaga kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

"Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan dunia internasional atas upaya Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam menjaga hutan, laut serta menjamin pemenuhan hak-hak masyarakat asli Papua Barat dengan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan serta ramah lingkungan," kata Dominggus, Senin (10/6).

Lewat Perdasus itu, Papua Barat disebut menjadi 'provinsi konservasi' di mana minimal 70 persen area hutan dan ekosistemnya akan dilindungi dan dikelola secara berkelanjutan. Peraturan itu juga disebut sebagai Deklarasi Manokwari.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemprov Papua Barat Prof Charlie D Heatubun menuturkan bahwa Dominggus berjuang dengan mendorong disahkannya perda khusus itu. Dominggus juga disebut melakukan sejumlah program untuk pelestarian lingkungan lainnya.

“Gubernur yang telah mendorong disahkannya Perdasus tersebut, selain  kebijakan-kebijakan instrumental lainnya, seperti review Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi, review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), penambahan dan perluasan kawasan lindung, juga penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Hijau dan Biru,” tandasnya.(*)

Add Comment