a

Horjani Inisiasi Gotong Royong Bersihkan Parit

Horjani Inisiasi Gotong Royong Bersihkan Parit

BATAM (17 Maret): Calon anggota legislatif (Caleg) Partai NasDem, Horjani Dewanti Hutagalung menginisiasi kegiatan gotong royong (Goro) serentak membersihkan parit di Perumahan Laguna Indah dan Perumahan Ricci, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Batam, Minggu (17/3).

Goro ini bahkan melibatkan anggota Koramil Sekupang yang dipimpin langsung Danramil Sekupang, Kapten TNI AD Raja Sitinjak, Babinsa Kelurahan Bukit Tempayan, Kelurahan Sei Pelunggut, Kelurahan Sei Harapan dan Babinsa Kelurahan Sei Lekop, serta Lurah Tanjung Riau Agus Sopiyan. Tidak ketinggalan beberapa anggota organisasi Pemuda Pancasila (PP).

Sebelum memulai kegiatan, Kapten TNI AD Raja Sitinjak menyampaikan arahan arti pentingnya kebersamaan, terutama dalam bergotong royong.

“Pada intinya bagi kami TNI Angkatan Darat,  tentara itu dari rakyat, untuk rakyat, kembali ke rakyat. Kita melakukan gotong royong ini tujuannya yang paling penting ialah untuk menjalin tali silahturahmi, untuk mempererat hubungan antar umat dengan umat, antar suku dengan suku, supaya kita tidak mudah dipecah belah oleh berbagai hal yang dapat merugikan kita bersama. Itulah tujuan utama gotong royong kita laksanakan,” ujar Kapten Raja Sitinjak.

Horjani Dewati Hutagalung, penggagas gotong royong  ini, menyatakan salah satu alasan mendesak diadakannya goro bermula dari adanya salah satu warga yang terkena penyakit demam berdarah.

“Rencana goro ini berawal dari adanya warga di perumahan kami di Taman Laguna yang terkena demam berdarah. Padahal kami sudah melakukan fogging. Ada warga yang melaporkan dan saya sudah melihat bahwa di sepanjang parit antara perumahan Taman Laguna Indah sampai ke Perumahan Ricci, banyak di tumbuhi eceng gondok, yang dapat menghambat aliran air dan sampah. Ini menjadi tempat bersarangnya nyamuk dan dapat menyebabkan banjir saat musim hujan,” papar Horjani.

Untuk membersihkan eceng gondok sebanyak itu, kata Horjani, memang tidak mudah. 

"Maka saya berpikir ini harus ada campur tangan pemerintah. Kami kordinasi. Kemudian saya meminta Babinsa setempat untuk membantu dan ternyata responnya cepat,” jelas Horjani.

Horjani bahkan meminta Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Bina Marga untuk meminjam alat berat. Semuanya disambut dengan baik. Setelah rapat lagi dengan tokoh masyarakat maka disepakatilah untuk dilaksanakan hari Minggu (17/3).

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah karena alat berat diberikan lengkap dengan lori sampahnya. Kemudian TNI juga menurunkan pasukannya. Lebih hebat lagi semua warga yang ada di sini bersama tokoh masyarakat turun untuk gotong royong. Ini bagus buat kita semua, khususnya masyarakat Kota Batam,” pungkas Horjani (*)

Add Comment