a

Eva Yuliana Melihat Potensi UMKM Solo Luar Biasa

Eva Yuliana Melihat Potensi UMKM Solo Luar Biasa

SOLO (17 Maret): Politisi Partai NasDem Eva Yuliana menilai pertumbuhan UMKM merupakan sebuah instrumen yang tidak boleh luput dari perhatian. Pasalnya para pelaku usaha menengah dan besar pun berasal dari UMKM.

"Tidak bisa dinaifkan, UMKM penting baik domestik maupun ekspor karena dari UMKM muncul pengusaha besar," kata Eva Yuliana, caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Jawa Tengah V nomor urut 1 itu.

Eva pun menilai daerahnya memiliki potensi besar di bidang UMKM apalagi banyak destinasi wisata di Solo sehingga mempermudah dalam proses perkembangannya.

"Kami bisa lihat UMKM batik misalnya sangat banyak. Pemerintah sangat bagus turut aktif dalam acara-acara UMKM. Mempopulerkan UMKM. Kementerian Perdagangan mengadakan ekspo setiap tahunnya," katanya.

Bahkan menurut Eva, di Solo dan beberapa industri kelas kecil dan menengah telah berhasil berniaga hingga ke mancanegara meski dalam kuantitas yang belum besar.

"Kenapa UMKM mengekspor secara mandiri? Karena dalam ekspor butuh pengiriman yang besar maka biaya produksinya ditekan," terangnya.

Eva yang maju dari wilayah Solo, Boyolali, Klaten dan Sukoharjo ini juga menilai peran Presiden Joko Widodo terhadap UMKM sangat besar.

Menurut Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga ini, regulasi dan kebijakan yang dikeluarkan Presiden sangat dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM.

"Saya berusaha sebisa saya untuk berbuat, memberi manfaat bagi orang banyak. Salah satunya dengan membantu program revitalisasi dan pembangunan pasar yang memang di bawah perintah Bapak Jokowi ini cukup gencar," tambahnya.

Besarnya perhatian pemerintahan Jokowi yang dituangkan ke dalam berbagai program seperti dana desa, serta kredit usaha rakyat telah sukses memicu pertumbuhan UMKM.

Hal tersebut diyakini Eva salah satunya karena Presiden Jokowi sendiri berasal dari pelaku UMKM sehingga merasakan betul apa yang harus diperkuat dan diperbaiki secara komprehensif.

Eva pun berharap dengan pengalaman dan rekam jejak serta kepercayaan masyarakat untuk mengantarkannya ke parlemen pusat dapat membawanya semakin menebar manfaat bagi masyarakat banyak utamanya hajat hidup dan masa depan para pelaku UMKM. 

"Ke depan jika saya diberi amanah menjadi wakil rakyat di Senayan, saya berharap bisa lebih berguna untuk masyarakat," tandasnya.(*)

Add Comment