a

Mandira Isman Perhatikan UKM Malang

Mandira Isman Perhatikan UKM Malang

MALANG (5 Maret): Caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Jawa Timur 5 nomor urut 2, Mandira Isman menyambangi masyarakat di kampung-kampung. Dia mengecek langsung kondisi masyarakat terutama memberikan perhatian kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Didampingi Agus, Koordinator UKM di Singosari, Malang, Jawa Timur, cucu pahlawan nasional Mas Isman ini menghampiri satu per satu stand yang menjual aneka produk olahan kuliner dan kerajinan rumah tangga. 

Menurut pria yang juga pebisnis kuliner sukses ini, UKM telah terbukti menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan Indonesia bahkan mampu eksis saat krismon tahun 1998 lalu.

"Saya bersyukur di Singosari ini sudah banyak UKM yang dikelola dengan profesional dan diharapkan bisa memajukan ekonomi kerakyatan untuk mensejahterakan warga," katanya, Selasa (5/3).

Mandira Isman menyapa dan mencicipi beragam jajanan, minuman tradisional, dan membeli kerajinan yang dihasilkan ibu-ibu rumah tangga setempat. Putera mantan Menpora Hayono Isman ini mendapat respon hangat dari pelaku usaha UKM.

Mandira Isman yang juga tokoh pemuda nasional itu mengungkapkan bahwa dirinya memberi atensi serius bagi usaha untuk mengkatrol pendapatan UKM lewat pembinaan dan perluasan pemasaran produk.

"Selain membutuhkan pembinaan SDM, penyediaan kapital yang cukup, juga memerlukan perluasan area dan segmentasi pemasaran produk UKM. Jika hal ini dijalankan dengan menyeluruh maka tidak mustahil UKM sebagai fondasi ekonomi bangsa, mampu memakmurkan rakyat Indonesia," katanya.

Agus mengatakan, pihaknya terus menjalin sinergi antar UKM binaan dan juga pihak eksternal. Menurutnya, masih perlu untuk dikembangkan dan dicarikan solusinya adalah aspek permodalan dan pemasaran.

"Alhamdulillah UKM di sini semakin maju dan berkembang. Hal ini tercipta karena adanya kekompakan dan visi yang sama dalam memajukan usaha. Untuk aspek permodalan dan pemasaran memang harus terus diperbaiki," tandasnya.(*)

Add Comment