a

NasDem Raih Paminggir, Bertekad Jadi Lumbung Suara Calegnya

NasDem Raih Paminggir, Bertekad Jadi Lumbung Suara Calegnya

BANJARMASIN (27 Februari): Kecamatan Paminggir berada di kawasan paling ujung Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. Untuk menuju ke sana  harus menggunakan transportasi air, seperti kelotok, speedboat, dan kapal motor.

Dengan kondisinya yang bisa disebut masih terisolasi, Paminggir memang bisa dijadikan lumbung suara para calon anggota legislatif (caleg), termasuk Partai NasDem.

Speedboat double cabin berwarna putih biru campur kuning mampir di lanting rumah warga, dan stiker terpampang foto wajah wanita berkerudung berlogo Partai NasDem. Bertuliskan nama Gusti Rosalina Indah SE, caleg DPR RI Dapil Kalsel 1 no urut 2.

Siapa saja yang melihat speedboat itu sudah pasti tahu. Caleg sedang mengampanyekan dirinya di pemilihan legislatif 2019, ditemani artis dangdut Ratna Listy, yang juga caleg DPR RI Dapil Jawa Timur 8 dari Partai NasDem.

 Kaka Oca, begitu Gusti Rosalina si caleg ini biasa disapa, bertemu calon pemilih. 

“Ulun berkesempatan datang berkampanye dialogis. Melihat lebih dekat masyarakat, sekaligus memperkenalkan Partai NasDem dan sosialisasi program pribadi,” ujar Oca kepada masyarakat di gedung serba guna Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa (26/2).

Dalam agenda dialogis, ia sangat prihatin dengan kondisi infrastruktur jalan, yang memang akses terbatas, karena transportasi darat belum bisa menembus dari Paminggir ke Danau Panggang. 

“Ya, ini yang harus kita perjuangkan untuk masyarakat. Kalau Partai NasDem menang, dan saya terpilih, tentu ini harus kami perjuangkan secara bersama-sama di Fraksi NasDem,” bebernya, didampingi caleg DPRD Provinsi Kalsel Dapil 5 dan caleg DPRD HSU Dapil Danau Panggang dan Paminggir.

Apalagi, sambungnya, akses transportasi sungai terbatas, dengan biaya mahal. 

“Ya, jarak tempuh mereka sampai empat kilometer lewat sungai menuju Danau Panggang dengan biaya mahal dari Paminggir, tentu menjadi tantangan kita untuk merespons perjuangan warga, agar aspirasi mereka bisa terwujud untuk jalan tembus transportasi darat,” katanya.

Secara terbuka, Oca  menyampaikan materi dialogis. Semisal menyebutkan angka 5 sebagai partai peserta pemilu dengan tagline Partai NasDem ‘bersatu, berjuang, menang’. Angka 2 merupakan nomor urutnya di surat suara. 

Mendengar itu audiens terlihat semangat. Mereka paham maksud pernyataan Oca. Lebih dari itu memang cara komunikasi Oca termasuk interaktif dan kerap menyisipkan semangat agar tidak jenuh.

Bahkan sesekali, diselingi dengan lagu-lagu dangdut dibawakan artis Ratna Listy untuk menghibur peserta sosialisasi, dan joget bersama. Tiap kali melakukan sosialisasi, pola yang dipakai target utamanya adalah pemilih, sehingga cara ini dianggap efektif. 

Selain itu, Oca juga melihat dibutuhkannya pelayanan kesehatan yang baik seperti adanya dokter spesialis di Paminggir, serta pendidikan yang mamadai buat warga, agar tidak jauh lagi dari rumah penduduk untuk berobat serta bersekolah.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut, diakhiri dengan penyodoran kertas suara untuk caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, agar warga mencoblos dengan benar dan tepat sasaran.

Demi mendapat kursi wakil rakyat, maka peran caleg menjadi vital. Mereka harus memastikan warga memilih Oca. Menjaga suara hingga hari pencoblosan mendatang. “Alhamdulillah saya senang bertatap muka dengan warga, dan ini dilakukan untuk kemenangan Partai NasDem,” katanya.

Meski perjalanan melelahkan dari Marabahan Barito Kuala menuju Paminggir Hulu Sungai Utara memakan waktu lebih dari dua jam dengan speedboat. Kemudian dari Pelabuhan Gampa Rantau Badauh menuju Kota Banjarmasin satu jam, namun tidak menyurutkan Oca yang didampingi Bapilu Partai NasDem Kalsel, serta artis Ratna Listy untuk hadir dan berkenalan dengan warga Paminggir. 

“Hidup NasDem, pilih Gusti Rosalina,” teriak Asnah (42 tahun), warga Paminggir saat menyaksikan sosialisasi.

Ia berharap, caleg NasDem yang terpilih di Pemilu 2019 mendatang bisa mewujudkan aspirasi warga agar jalan darat tembus untuk mobil dan kendaraan roda dua. 

“Kalau tembus jalan darat hasil panen ikan kami mudah dijual, dan tidak ekonomi warga makin membaik,” ucapnya.

Oca pun mengakui, sangat utama jalan tembus transportasi darat untuk warga, kemudian akses kesehatan dan pendidikan tentu akan menyusul perbaikannya seiring dengan transportasi darat bisa dilalui. 

“Kami selama ini ke Danau Panggan menggunakan kapal atau speedboat, dan biayanya mencapai Rp 50 ribu per orang. Kan mahal, bagaimana kami akan bisa makmur untuk pergi ke kota,” katanya.

Tak ketinggalan pula, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem HSU Hj Maritul Qibtiah pun memandu acara sekaligus memperkenalkan caleg satu per satu kepada warga. 

“Silakan masyarakat pilih caleg Partai NasDem yang ada gambar di depan itu. Ini mereka duduk bersama dan hadir,” tandas wanita berhijab itu.

Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan bersama warga. Di depan rumah, mereka berhenti dan melihat ada kerumunan warga yang tengah bersantai.

Rombongan  juga mampir ke warung-warung yang ramai pembeli.  Tak jarang Oca didoakan warga dan kerap diajak warga berfoto, serta di sepanjang jalan ada bendera Partai NasDem berkibar. Restorasi Indonesia. 

Berdasarkan catatan, Partai NasDem menargetkan semua daerah pemilihan (dapil) untuk DPRD di HSU, calegnya terpilih dan memperoleh suara sebanyak-banyaknya. Termasuk di DPRD Provinsi, dan DPR RI. 

Untuk DPRD Provinsi Kalsel, terdapat nama Gina Mariati SSos MP (anggota DPRD Provinsi Kalsel), H Mukhsin Haita (mantan Wakil DPRD HSU),  Marta Laivina (DPW NasDem Kalsel), dan lainnya.

Sedangkan di DPR RI terdapat H Guntur Perwira SE (Ketua DPW NasDem Kalsel), Gusti Rosalina Indah SE, Dessy Maulida Wardani SH, H Arbiansyah, Zainal Abidin SSos, Risca Damayanti ST MP. (NasDem Kalsel/Afdi/*)

Add Comment