a

Lestari Moerdijat Usulkan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

Lestari Moerdijat Usulkan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

JEPARA (27 Februari): Yayasan Dharma Bakti Lestari melalui Lestari Moerdijat (Mbak Rerie) yang juga Koordinator Pemenangan NasDem wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  mendorong pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional Indonesia.

Hal ini diungkapkan Lestari Moerdijat (Mbak Rerie) saat mengunjungi Makam Ratu Kalinyamat di Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Selasa, (26/2).

Menurut Mbak Rerie, proses pengusulan tersebut membutuhkan kerja sama yang berkesinambungan dari semua pihak, yakni masyarakat, pemerintah, dan para penggiat sejarah agar proses pengajuan bisa disetujui pemerintah.

Pengurus Yayasan Dharma Bakti Lestari menyambut baik ide Lestari Moerdijat tersebut.

KH Ali sebagai pengurus berharap semoga keinginan dan ikhtiar Mbak Rerie untuk mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional bisa segera terwujud.

"Kami sebagai pengurus yayasan siap membantu total dan bersedia untuk menyediakan semua bukti yang diperlukan dalam pengajuan tersebut," katanya.

Dalam kunjungan tersebut Mbak Rerie yang juga caleg DPR RI Partai NasDem Dapil Jawa Tengah 2 nomor urut1 ini didampingi Connie Rahakundini Bakrie, pengamat militer Indonesia yang mempelajari jejak kejayaan maritim Indonesia, terutama mengenai prestasi Ratu Kalinyamat dalam melawan penjajah Portugis melalui kekuatan maritim.

Ziarah ke Makam Ratu Kalinyamat kali ini menurut Mbak Rerie ialah untuk mengenang kembali ketokohan seorang perempuan Jepara yang telah pemikiran dan jejaknya melampaui zamannya dengan menjadi ahli di bidang politik, ekonomi, dan militer tiga hal yang sama sekali jauh dari gambaran perempuan Jawa saat itu.

Selain kegiatan ziarah juga digelar dialog yang turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Jepara Nur Hidayat, juru kunci makam, segenap pengurus yayasan pengelola kawasan makam Kalinyamat, dan milenial pegiat sejarah Jepara yang bergabung dalam Yayasan Lembayung.(*)

Add Comment