a

Rachmad Gobel Serap Aspirasi Nelayan Desa Inengo

Rachmad Gobel Serap Aspirasi Nelayan Desa Inengo

GORONTALO (16 Februari): Caleg DPR RI Dapil Gorontalo nomor urut 1 Rachmad Gobel, melihat langsung bagaimana level kesejahteraan dan penjualan ikan dengan mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Inengo, Bone Bolango, Gorontalo, beberapa hari lalu.

Rachmad berdialog langsung dan mendapat banyak titipan aspirasi dari para nelayan. Selain itu, dia juga mendapat laporan dari mantan Wakil Wali Kota Gorontalo Charles Budi Doku, yang menyebutkan bahwa kesejahteraan nelayan di Gorontalo sudah baik, bahkan melebihi kesejahteraan petani.

Menurut Budi Doku, hal tersebut terjadi sejak adanya kebijakan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang memperketat aturan penangkapan ikan khususnya pada kapal-kapal asing.

“Kalau di Gorontalo ini nelayan lebih sejahtera dibandingkan petani, Pak Rachmad. Sebab kalau nelayan kan hampir setiap hari dapat tangkapan untuk dijual, apalagi setelah adanya pengetatan aturan dari Ibu Susi,” katanya.

 

Rachmad mengatakan dirinya sangat senang. Sebab, dapat merasakan langsung kebijakan yang dibuat oleh Susi dan memberikan dampak yang sangat besar pada kehidupan nelayan di Gorontalo.

“Hari ini saya datang mau lihat bagaimana suasana pelelangan ikan. Kedua, mau lihat apakah kebijakan dari Ibu Susi berdampak pada nelayan di Gorontalo,” kata Rachmad.

Ke depan, Rachmad menuturkan akan mendorong hadirnya tempat pengolahan ikan maupun hasil laut lainnya untuk mendapatkan nilai tambah bagi nelayan. Hal tersebut menurut Rachmad agar dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi nelayan Gorontalo.

“Saya amat bersyukur bahwa kehidupan para nelayan sangat baik, karena bisa mendapat hasil tangkapan hampir setiap hari. Itu artinya, kebijakan yang sangat ketat terhadap kapal asing yang dibuat Bu Susi selaku Menteri Kelautan dan Perikanan nyata membawa dampak yang dirasakan langsung manfaatnya oleh nelayan,” katanya.

Untuk selanjutnya, menanggapi salah satu aspirasi para nelayan, Rachmad akan menyiapkan lokasi pengolahan ikan menjadi produk yang lain, agar menambah pendapatan dan kesejahteraan para nelayan.

Hal tersebut diterangkan Rachmad bertujuan agar dapat menambah nilai jual produk olahan.

“Hasil tangkapan sudah bagus, tinggal ke depan kita siapkan lokasi pengolahan ikan untuk jadi bentuk lain. Agar pendapatan dan kesejahteraan mereka makin meningkat,” tandasnya.(*)

Add Comment