a

Ranta Soeharta Didorong IKA-KMC Banten ke Senayan

Ranta Soeharta Didorong IKA-KMC Banten ke Senayan

CILEGON, (14 Februari): Ikatan Keluarga Alumni – Keluarga Mahasiswa Cilegon (IKA-KMC) mendorong calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai NasDem, Ranta Soeharta untuk menjadi wakil masyarakat Banten di Senayan. 

Dengan track record dan pengalamannya di pemerintahan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, Ranta diharapkan mampu menjadi corong aspirasi tanah kelahirannya dalam kebijakan nasional. 

Hal itu disampaikan Ketua IKA-KMC Firmansyah dalam diskusi dan dialog IKA-KMC dengan Ranta Soeharta, di Kota Cilegon, Banten, Rabu (12/2). Dalam diskusi itu, hadir pembina dan pendiri IKA-KMC, Nawawi Sahim.

"Kami sebagai bagian dari kaum terpelajar, punya tanggung jawab mengawal kepentingan masyarakat. Kita bertanggung jawab untuk memberikan edukasi agar masyarakat tidak lagi dibohongi janji, kepentingan sesaat, yang dampaknya lima tahun ke depan tidak tahu aspirasi harus dibawa kemana," kata Firmansyah.

Lebih jauh Firman mengatakan, atas dasar itu beberapa pengurus dan senior di IKA-KMC merumuskan sikap untuk mengawal Pileg 2019. Harapannya, bisa mendorong warga Banten yang mumpuni sebagai delegasi warga Kota Cilegon khususnya, dan Banten pada umumnya untuk duduk di DPR RI. 

Dari pemilu ke pemilu, menurut dia, warga tidak tahu apa yang sedang dan sudah dikerjakan wakil rakyat, terutama wakil di Pusat dalam membangun dan memperjuangkan aspirasi daerah. Padahal sebagai daerah yang memiliki potensi dan letak geografis, Kota Cilegon atau Banten secara umum butuh delegasi di tingkat Pusat.

"DPR RI itu, salah satunya membuat UU (undang-undang). Maka, kita butuh profesionalitas. Orang profesional membuat UU, mempunyai kapabilitas dan kredibilitas," ujarnya.

Dengan mengawal SDM terbaik daerah pada Pemilu 2019, dia berharap kerja-kerja parlemen para delegasi Banten difokuskan pada persoalan yang berdampak besar di masyarakat seperti kemiskinan dan kesejahteraan sosial.

Ranta Soeharta mengapresiasi langkah IKA-KMC  sebagai wadah para intelektual yang memiliki tanggung jawab dalam pencerdasan politik. 

"Organisasi itu kumpulan orang-orang yang memiliki minat bersama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan pemikiran-pemikiran yang dibangun IKA-KMC, maka tidak ragu buat saya untuk mencapai tujuan bersama," kata Ranta Soeharta.

Dalam kesempatan itu, Ranta menjelaskan peran dan fungsi DPR RI, termasuk kewenangan terhadap daerah dan konstituennya. Ranta juga berharap IKA-KMC menjadi wadah aktualisasi yang kritis dan memberi solusi sebagai upaya untuk mengabdi dan membangun daerah.(*)

Add Comment