a

Ahmad Ali Harap Warga Jaga Sumur Bor Bantuan Pemerintah

Ahmad Ali Harap Warga Jaga Sumur Bor Bantuan Pemerintah

DONGGALA (14 Februari): Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi NasDem, Ahmad M Ali mengecek penggunaan bantuan sumur bor air bersih yang diberikan kepada warga di posko pengungsian Desa Lero, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (13/2).

Bantuan yang berasal dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral itu, telah diserahkan pasca bencana alam melanda Palu, Sigi, dan Donggala tahun lalu.

Seusai melihat dan mencoba langsung fungsi sumur bor, Bendahara Umum DPP NasDem itu meminta agar warga dapat memanfaatkan dengan baik dan menjaga bantuan tersebut, sebab bantuan tersebut dianggarkan melalui APBN.

"Pesan saya, sumur bor air bersih ini dijaga dengan baik. Tidak bisa sumur ini dikuasai perorangan. Dibicarakan secara baik-baik penggunaan dan operasionalnya. Ini bantuan pemerintah, harus dijaga dengan baik,” tegasnya kepada warga dan pemerintah kabupaten yang hadir di lokasi.

Calon anggota legislatif nomor urut 1 daerah pemilihan Sulawesi Tengah itu, sudah mengunjungi Desa Lero pada hari keenam pasca bencana. Saat mengunjungi daerah tersebut, masyarakat dan para pengungsi mengeluhkan air bersih sehingga meminta pengadaan sumur bor.

Mendapat aspirasi itu, Ahmad Ali pun merealisasikannya setelah sempat memperjuangkan melalui aspirasinya di parlemen.

“Alhamdulillah bantuan ini sudah bisa difungsikan,” imbuhnya.

Kepada Ahmad ALi, Camat Sindue Pangeran mengaku, sumur bor itu telah difungsikan kurang lebih tiga bulan oleh warga di posko pengungsian.

“Air dari sumur bor ini sudah dimanfaatkan warga. Kami sangat berterima kasih," katanya, seperti dikutip dari ahmadali.id.

Perwakilan Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Deni Kamal menambahkan, sangat mengapresasi upaya yang dilakukan Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu. Menurutnya, Ahmad Ali punya komitmen yang sangat kuat membangun daerahnya lewat upaya lobi-lobi politiknya di pemerintahan pusat.

"Di Lero ini memang betul-betul membutuhkan air bersih dan penerangan jalan. Alhamdulillah pak Ahmad menyampaikan ke kami, memang beliau yang usulkan ke kami," tegas Deni.

Untuk diketahui, melalui aspirasi Ahmad ALi, sejumlah wilayah terdampak gempa, tsunami, dan likuifaksi di Sulawesi Tengah, diberi bantuan sumur bor air bersih.

Sebanyak delapan titik sumur bor direalisasikan pada awal 2019 ini. Masing-masing sebanyak dua titik di Kota Palu, dua titik di Kabupaten Sigi, tiga titik di Kabupaten Donggala, dan satu titik di Kabupaten Morowali.

Pada awalnya bantuan sumur bor tersebut akan diberikan ke wilayah terpencil di sejumlah daerah, namun melihat kondisi Palu, Sigi dan Donggala pasca bencana akhirnya Ahmad mengalihkannya kepada masyarakat di tiga daerah yang lebih membutuhkan pasca bencana.

Selain sumur bor, Ahmad juga diketahui akan memberikan bantuan lampu untuk penerangan jalan umum di sejumlah wilayah yang terdampak bencana tersebut.(*)

Add Comment