a

Ketua MK Nilai Tobas Bakal Punya Masa Depan Cemerlang

Ketua MK Nilai Tobas Bakal Punya Masa Depan Cemerlang

BOGOR (30 Januari): Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengungkapkan kekagumannya kepada salah satu pengacara muda Indonesia. Dia tak lain adalah Ketua Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem, Taufik Basari (Tobas).

Hal tersebut diungkapkan Anwar saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2019 kepada Partai NasDem di Bogor, Jawa Barat, Senin (28/1).

“Terus terang sejak saya ditugaskan sebagai hakim konstitusi sejak 6 April 2011 salah satu atau salah seorang pengacara yang saya kagumi anak muda yang punya masa depan cemerlang adalah Taufik Basari,” katanya.

Anwar menilai Tobas telah memiliki rekam jejak yang terang dalam dunia persidangan dan dia juga menilai bahwa Ketua DPP Partai NasDem Bidang Advokasi Hukum dan HAM itu bakal punya masa depan cemerlang.

Dikatakan Anwar bahwa setiap kali tampil di persidangan Tobas selalu membawa karakter yang bersahaja namun saat berbicara dapat memberikan penuh makna serta kontribusi luar bisa bagi penegakan hukum di Mahkamah Konstitusi.

Anwar juga menyinggung seputar keikutsertaan Tobas dalam Pileg 2019. Dia mengigatkan kepada semua hadirin terutama Tobas yang maju sebagagi caleg DPR RI Dapil Lampung I nomor urut 1 bahwa kunci hidup sukses dan selalu bahagia adalah dengan meniatkan segala sesuatu untuk beribadah.

Dia pun menyebutkan bahwa bukan hal yang tidak mungkin dari sepuluh orang di Dapil Lampung I yang sukses maju ke parlemen akan tertera salah satu namanya adalah nama Taufik Basari (Tobas).

“Mas Taufik ikut pileg niat ibadah ya insyaallah dan kelihatan aura Mas Taufik namanya sudah tercantum di Lauhul Mahfuzh. Aamiin. Dan begitu juga dengan rekan-rekan lainnya,” kata dia.

Dia yakin bahwa semua perkara sudah ditentukan oleh Allah SWT, tugas manusia hanyalah berusaha dengan penuh ikhtiar dan doa. 

Anwar juga bahkan menyebutkan bahwa bukan hal mustahil Tobas dapat menduduki kursi Ketua Komisi III DPR RI apabila nantinya sukses maju ke Senayan.

“Dan bukan hal yang tidak mungkin atau bukan menjadi isapan jempol belaka bahwa nanti mulai Oktober 2019 Mas Taufik Basari jadi Ketua Komisi III di DPR,” tambahnya, disambut "aamiin" hadirin.

Dalam kesempatan yang sama Tobas yang sudah malang melintang menangani perkara di MK ini mengaku senang dan bersyukur mendapat doa dan kebaikan dari Ketua MK Anwar Usman. 

Menurut Tobas, dia akan menjawab doa tersebut dengan selalu menjaga kehormatan dan martabat MK.

“Saya juga sangat kagum dengan kiprah MK dalam memberikan kontribusinya kepada bangsa dan negara. Tentunya saya sangat bersyukur mendapat doa yang baik dari Ketua Mahkamah Konstitusi mudah-mudahan doa itu akan diijabah oleh Allah SWT,” kata Tobas.

Tobas mengaku selalu memegang prinsip yang kuat dalam menyelesaikan setiap perkara yang ditanganinya di MK, antara lain dengan mengikuti berbagai ketentuan yang ada, serta berlaku sopan dalam menyampaikan argumentasi bernas dan selalu belajar dengan proses yang ada.

“Bagi saya yang paling penting adalah kita dalam menyampaikan argumentasi di MK  harus punya dasar yang kuat. Jangan hanya  asal bicara. Kemudian tetap menaruh hormat kepada hakim MK karena itulah idealnya kita menjaga marwah dan martabat MK,” tandasnya.(*)

Add Comment