a

Badan Rescue NasDem Sudah Tangani 252 Korban

Badan Rescue NasDem Sudah Tangani 252 Korban

PANDEGLANG (4 Januari): Badan Rescue NasDem (BRND) telah menangani sedikitnya 252 pasien korban tsunami Selat Sunda di Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Padeglang, Banten, Kamis (3/01). 

Dari laporan per tanggal 3 Januari yang diterima partainasdem.id tadi malam menyebutkan, sedikitnya Rescue NasDem telah menangani balita sebanyak 43 jiwa, anak-anak 41 jiwa, orang dewasa 126 dan lansian sebanyak 42 jiwa.

Dari 252 korban yang tertangani tersebut, sedikitnya ada lima penyakit terbanyak yang diderita korban tsunami Selat Sunda seperti artritis, ISPA, dyspepsia, vertigo dan HT.

"Sampai sejauh ini kendala utama kami di lapangan adalah jalan yang masih berlumpur untuk menuju tempat pengungsian yang diakibatkan hujan terus menerus," ungkap dokter Eko Windarto yang bertugas di kawasan Labuan dan sekitarnya.

Lebih jauh dokter Eko yang sudah kerap kali bergabung bersama Rescue NasDem ini juga mengutarakan, ada kebutuhan yang cukup mendesak dalam hal sanitasi lingkungan dan MCK.

"Sejauh ini lingkungan di pengungsian masih kurang bersih dan berlumpur, kemudian tempat pembuangan sampah masih terhitung jauh dari pengungsian," ujar dokter Eko.

Ditambahkan, MCK memang sudah terpenuhi, namun tidak bisa dibersihkan yang disebabkan oleh pompa air yang tidak teraliri daya listrik, sehingga tidak bisa menampung air.

Selain catatan di atas, dokter Eko juga melaporkan para pengungsi sudah bisa menerima makanan yang memenuhi aspek gizi. Hanya saja saat ini warga masyarakat masih waspada dan sulit tidur.

Hari ini Rescue NasDem sedang berlangsung pemeriksaan kesehatan warga yang terdampak banjir cukup parah yang ada di  Desa Surianeun,  Kecamatan Patia,  Kabupaten Pandeglang, Banten.(*)

Add Comment