a

NasDem Kabupaten Nias Gelar Seminar Pendidikan Politik

NasDem Kabupaten Nias Gelar Seminar Pendidikan Politik

NIAS (14 Desember): Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Nias, Ronal Zai menggelar Seminar Pendidikan Politik untuk generasi muda khusus di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jum'at (14/12).

Ronal Zai menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengajak kaum muda Dapil 2 Kabupaten Nias berperan aktif menjaga pluralisme dan memiliki wawasan kebangsaan yang luas serta menyadari pentingnya hak pilih bagi setiap warga negara Indonesia.

Pemateri seminar, Mayjend TNI (Purn). Christian Zebua, yang juga calon anggota DPR RI Sumut 2 NasDem menegaskan bahwa kaum muda dan masyarakat memiliki peran strategi membangun Indonesia dan Nias pada khususnya. Peran ini dapat diaktualisasikan melalui kerja keras, doa dan disiplin yang kuat. 

"Ketiga hal ini wajib dimiliki kita semua kalau kita ingin Nias ini lebih maju, sejahtera dan mandiri," cetus Christian.

Selain itu masyarakat perlu menyadari betul pentingnya pemilu sebagai sarana menentukan wakil-wakilnya melalui pemilihan umum yang akan dilaksanakan ke depan. 

"Maka untuk itu harus menjadi pemilih yang cerdas, tidak karena disogok uang tetapi karena memang hati nurani caleg tersebut betul-betul untuk rakyat," tutup Christian.

Pemateri lain, Suasana Dachi, SH yang juga calon anggota DPR RI Sumut 2, yang disampaikan oleh Yones Laia, M.Sp mengharapkan bahwa melalui seminar ini, para pemilih dapat menentukan pilihannya sendiri dengan cerdas dan tidak berorientasi uang. 

Yones juga mengharapkan calon yang dipilih betul-betul mampu menjaga kepercayaan masyarakat dan memiliki komitmen menjaga amanat rakyat ke depannya.

"Saya yakin dan percaya bahwa kader NasDem akan komitmen dan amanah terhadap rakyat," cetus Yones Laia.

Ketua Bappilu NasDem Kabupaten Nias, Yusadar Waruwu, S.Pd mengharapkan dengan terselenggaranya sosialisasi yang terus dilakukan Partai NasDem, generasi muda khsususnya di Kabupaten Nias tidak lagi alergi terhadap politik.

"Kita berharap melalui pendidikan politik ini masyarakat kita terlebih-lebih kaum milenial, generasi muda di Kabupaten Nias tidak lagi alergi terhadap politik, karena selama ini tingkat pragmatisme dan apatisme masyarakat terhadap politik semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan terus menurunnya partisipasi politik dari masyarakat," terang Yusadar Waruwu, yang juga calon anggota DPRD Kabupaten Nias Dapil 1.

Terus berkurangnya partisipasi pemilu, menurut Yusadar, disebabkan oleh wanprestasi setiap kandidat yang sudah terpilih. 

"Sebenarnya kurangnya partisipasi masyarakat ini akibat kurang responsifnya para kandidat yang telah terpilih dan inilah yang disebut wanprestasi," tandas Yusadar yang juga lulusan terbaik Akademi Bela Negara NasDem angkatan I.

Yusadar menerangkan, dirinya percaya pada pemilu yang akan datang masyarakat betul-betul cerdas lagi dan tidak lagi apatis terhadap politik. Dipastikan calon-calon kader NasDem adalah kandidat-kandidat terbaik yang betul-betul cinta tanah air dan peduli dengan kabutuhan dan jeritan rakyat.

"Itu yang harus diperjuangkan kader NasDem Kabupaten Nias," tegas Yusadar mengakhiri.

Seminar ini dihadiri masyarakat dan ratusan pemuda Dapil 2 Kabupaten Nias, pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Nias, Bawaslu Kabupaten Nias, seluruh calon legislatif se Kabupaten Nias Partai NasDem, calon anggota DPRD Provinsi Sumut 8, Pdt. Berkat Kurniawan Laoli dan Yones Laia, M.Sp, dan calon anggota DPR RI Sumut 2, Mayjen Christian Zebua MM.(Yusa/*)

Add Comment