a

NasDem Minta Pemkab DIY Serius Tata Kawasan Pantai

NasDem Minta Pemkab DIY Serius Tata Kawasan Pantai

YOGYAKARTA (30 November): Partai NasDem meminta Pemkab Gunungkidul untuk serius menata kawasan pantai. Kegiatan tersebut akan berpengaruh terhadap niatan investor untuk menanamkan modalnya di Gunungkidul. 

Ketua DPW Partai NasDem DIY Subardi menuturkan para investor sangat butuh kejelasan karena hal ini menyangkut rencana bisnis yang akan dikembangkan. Salah satunya adalah berkaitan dengan regulasi yang bisa mendukung pengusaha untuk berinvestasi.

“Harus ada regulasi yang jelas sehingga kawasan pantai bisa tertata dengan baik. Namun yang tak kalah penting adalah investor tetap tertarik untuk menanamkan modalnya. Jangan sampai kesalahan dalam menetapkan regulasi malah bisa membuat investor kabur,” kata Subardi di Yogyakarta Kamis (29/11). 

Menurut Subardi, potensi pariwisata di Gunungkidul sangat luar biasa. Hal ini tidak lepas dari keberadaan destinasi yang beranekaragam dan memiliki karakteristik yang khas.

Hanya saja, sambung Subardi, potensi ini belum dilirik oleh Pemerintah Pusat. Sebagai buktinya, sampai sekarang belum masuk ke program prioritas nasional dalam pengembangan di sektor kepariwisataan.

“Masih kalah dengan Borobudur. Jadi untuk pengembangan, bupati harus dibantu dan ada sinergitas antara pemerintah, masyarakat hingga investor,” tuturnya.

Dia menuturkan, untuk pengembangan kepariwisataan di Gunungkidul butuh modal yang sangat besar. Ia menyakini, pemkab tidak bisa sendirian karena dana yang dimiliki sangat terbatas.

“Tidak hanya ratusan miliar, tapi nilainya sudah mencapai triliuan rupiah. Jadi dalam pengembangan harus ada partisipasi dari pemodal besar dan juga pemerintah pusat,” imbuhnya. (Uta/*)

Add Comment