a

Kewajiban Dasar Kader NasDem Menjaga Pluralisme

Kewajiban Dasar Kader NasDem Menjaga Pluralisme

PONTIANAK (22 November): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan bahwa NasDem merupakan partai yang menganut paham nasionalis religius.  Setiap kader Partai NasDem tanpa terkecuali memiliki kewajiban untuk menjaga pluralisme yang berada dalam ideologi Pancasila. 

Pernyataan tersebut diungkapkan Surya Paloh saat berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). 

Kunjungan Surya Paloh ke Kalbar merupakan lanjutan safari politiknya ke berbagai daerah di Indonesia guna memantapkan posisi NasDem dalam Pemilu 2019 mendatang. 

"Jelas dan tegas bahwa partai ini partai nasionalis religius. Kewajiban dasar bagi kader partai ini untuk melindungi kemajemukan dan pluralisme," ungkap Surya Paloh di Pontianak, Kalbar, Rabu (22/11). 

Karena memiliki kewajiban untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi kebangsaan, Surya Paloh menuturkan NasDem akan berada pada garis terdepan melawan pihak-pihak yang ingin menawarkan konsep baru selain Pancasila. Bagi NasDem Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa yang tidak bisa diganti oleh ideologi lain. 

"Dan ketika ada tawaran lain di luar ideologi Pancasila sudah tentu akan berhadapan dengan NasDem," pungkasnya. 

Ketika disinggung mengenai perlu atau tidaknya pemberlakuan perda bernada agama di wilayah tertentu, Surya Paloh menegaskan bahwa NasDem menilai hal tersebut belum perlu dilakukan. Indonesia saat ini sudah memiliki perda syariah yang telah disepakati dengan kekhususannya yang berlaku di Nangroe Aceh Darussalam. 

"Kita terima dan hormati (perda syariah Aceh) itu. Tapi kalau ditanya apakah daerah lain perlu menerapkan perda syariah yang baru, pandangan NasDem jelas kalau tidak ada urgensinya buat apa," paparnya. (Uta/*)

Add Comment