a

Intan Azizah Blusukan Sambil Belajar Bikin Gerabah

Intan Azizah Blusukan Sambil Belajar Bikin Gerabah

BANTEN (19 November): Matahari tidak begitu panas di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Serang, Banten, saat Intan Azizah, caleg DPR RI NasDem dapil 2 Banten keluar dari mobilnya, Minggu (18/11).

Di depan terlihat tumpukan gerabah yang baru saja selesai dibakar dan di kejauhan tampak hamparan jerami kering penanda musim panen padi baru saja berlalu.

Blusukan kali ini Intan ditemani Ketua Kelompok Pengrajin Gerabah Bumi Jaya, Suhaemi. Kedatangan Intan langsung disambut ibu-ibu pengrajin yang sedang menyusun gerabah siap kirim ke pasar. Sambil bersalaman Intan menanyakan tentang hasil pembakaran gerabah.

Suhaemi menjelaskan kepada Intan bahwa di Desa Bumi Jaya terdapat dua jenis pembakaran. Pembakaran dengan cara tradisional menggunakan jerami, kayu dan gabah dan yang semi modern yang sudah menggunakan oven tetapi tetap menggunakan kayu bakar. Pengrajin di Bumi Jaya juga merupakan  turun temurun dari orang tua dahulu.

“Ini pertama kalinya ada caleg DPR RI datang ke desa ini. Kita berharap jika nanti ibu Intan terpilih tidak lupa sama desa penghasil gerabah ini,” ungkap Suhaemi.

Pada kesempatan ini Intan Azizah atau yang akrab disapa Intan RJ menyempatkan diri belajar membuat gerabah berbentuk cobek. Diajari seorang pengrajin dengan telaten. Selanjutnya Intan juga melihat proses pembakaran yang menggunakan oven.

“Saya sangat kagum dengan keahlian ibu-ibu dan pengrajin lain. Hasil karyanya memiliki seni yang tinggi apalagi jika sudah difinishing. Semoga desa ini terus bisa bertahan dan menghasilkan karya seni gerabah dan pemasarannya dalam waktu ke depan bertambah,” ujar Intan Azizah.

Menutup kegiatan blusukan Intan berswafoto bersama warga dan juga dicium ibu-ibu. Tidak lupa Intan membeli beberapa jenis gerabah seperti tempat beras, kendi dan tempat aroma terapi.(*)

Add Comment