a

Badan Rescue NasDem Sulteng Bangun Posko dan Dapur Umum

Badan Rescue NasDem Sulteng Bangun Posko dan Dapur Umum

PALU (18 November): Badan Rescue NasDem Sulawesi Tengah (Sulteng) membangun posko dan dapur umum di tempat pengungsian korban banjir Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi,  Sulteng.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulteng Aristan menjelaskan hal tersebut di Palu, Sabtu (17/11). 

"Iya. Sore ini, tim rescue NasDem Sulteng akan ke desa Bangga membawa bantuan berupa sembako, tenda pleton untuk posko dan dapur umum," jelas Aristan.

NasDem Sulteng, kata Aristan, juga akan mendrop satu ton beras untuk kebutuhan makan tiga hari pertama, untuk memenuhi kebutuhan kurang lebih 260 kepala keluarga dari desa Bangga dan Balongga yang saat ini tinggal di tiga titik pengungsian.

"Selain itu, satu unit mobil tangki air bersih dan air kemasan juga akan kami siapkan membantu kebutuhan air untuk korban di lokasi bencana," sebutnya.

Diketahui, banjir bandang menerjang Dusun I dan Dusun II Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulteng pada Jumat (16/11) malam sekitar pukul 19.30 Wita.

Banjir tersebut akibat tingginya curah hujan, sehingga debit air Sungai Ore yang melintasi Desa Bangga meluap dan membawa material pasir bercampur lumpur dan batang pohon. Akibat banjir tersebut, pemukiman warga Dusun I dan Dusun II terendam air. 

Selain itu, banjir juga mengakibatkan sekitar 70 hektare persawahan dan perkebunan terendam, saluran primer bendungan irigasi tertimbun material banjir, serta jembatan tidak berfungsi atau tersumbat.

 

Banjir diperkirakan masih terus berlangsung mengingat kondisi cuaca di Dolo Selatan, khususnya di Desa Bangga masih hujan.(*)

Add Comment