a

NasDem Minta Pemda Sulteng Tingkatkan Koordinasi Distribusi Bantuan

NasDem Minta Pemda Sulteng Tingkatkan Koordinasi Distribusi Bantuan

PALU (9 Oktober): Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah perlu meningkatkan koordinasi terkait upaya penanggulangan korban gempa, lumpur, dan tsunami di Sigi, Palu, dan Donggala.

"Mestinya ada koordinasi yang baik dari pemerintah daerah dalam penanganan korban, utamanya mengenai distribusi bantuan," kata anggota DPR-RI Ahmad M Ali dari Fraksi NasDem terkait lambannya distribusi bantuan kepada pengungsi di Palu, Selasa (9/10).

Lebih jauh Bendahara Umum Partai NasDem ini juga mengkritisi pemerintah daerah terkait lambatnya distribusi bantuan makanan dan air minum kepada korban gempa.

Ahmad Ali menyatakan kecewa dengan teknis distribusi bantuan oleh Pemerintah Sulawesi Tengah yang hingga kini belum sampai ke pengungsi di daerah-daerah terpencil dan jauh dari Kota Palu.

Menurutnya, ada tahapan-tahapan dalam penanganan korban bencana, termasuk dalam upaya distribusi bantuan antara lain makanan dan minuman.

"Yang paling pertama ialah pastikan ketersediaan makanan dan bantuan untuk pengungsi," ujar Ahmad Ali.

Berdasarkan hasil pantauannya di lapangan bahwa posko-posko bantuan untuk pendistribusian hingga tinggkat desa jumlahnya minim. Aparat pemerintah dan relawan yang bekerja di lapangan juga terbatas dalam penyaluran bantuan.

"Menurutku perlu ada penambahan posko-posko distribusi bantuan makanan, minuman dan seterusnya kepada masyarakat," tegas Ketua Fraksi NasDem di DPR RI itu.

Selanjutnya, menurut Ahmad Ali, perlu ada identifikasi tenda-tenda pengungsian warga dan jumlah yang mengungsi sehingga distribusi bantuan dapat mengenai sasaran dan merata.

Selain itu, tambahnya, perlu ada penyamaan persepsi bahwa masyarakat di Kota Palu, Sigi, dan Donggala ada korban bencana gempa, lumpur, dan tsunami.

"Jangan ada klasifikasi masyatakat dalam penyaluran bantuan. Siapa pun dia adalah korban bencana yang berhak menerima bantuan," tegas Ahmad Ali.(Ant/*)

Add Comment