a

Caleg Perempuan NasDem Bali Bukan Sekadar Pemenuhan Kuota

Caleg Perempuan NasDem Bali Bukan Sekadar Pemenuhan Kuota

Caleg Perempuan NasDem Bali Bukan Sekadar Pemenuhan Kuota

BALI (9 Oktober): Ketua Garda Wanita (Garnita) NasDem Provinsi Bali Ida Ayu Ketut Candrawati menegaskan pihaknya tidak ingin kehadiran caleg perempuan Partai NasDem hanyalah sekadar hitungan kuota persyaratan pendaftaran melainkan juga harus dapat diperhitungkan.

“Kita tidak ingin kaum perempuan hanya dipasang nama untuk sekadar pemenuhan kuota (pileg) semata,” katanya.

Menurutnya caleg perempuan juga harus membuktikan bahwa memang dapat diperhitungkan. Ia mengaku khawatir apabila caleg perempuan tidak mendapatkan pembinaan dan bekal pendidikan politik yang mumpuni maka akan berguguran melawan dominasi caleg lainnya.

“Pengalaman Pemilu 2014 menggambarkan bahwa faktanya di Gedung DPRD Provinsi Bali hanya ada 5 perempuan anggota dewan  dari total 55 kursi DPRD Provinsi Bali. Di DPRD Kabupaten/Kota se-Bali, kondisinya juga tidak jauh berbeda,” tegasnya.

Hal tersebut lah yang mendorong Garnita NasDem Bali menggelar acara Pembekalan Caleg Perempuan Partai NasDem se-Bali di Enjung Beji Resort Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, belum lama ini.

Dalam kegiatan bertajuk 'Peningkatan Peran Perempuan dalam Pileg 2019' itu Candrawati yang juga anggota DPRD Kabupaten Tabanan mendorong semua caleg perempuan untuk terus berjuang menjadi pengawal hak-hak kaum perempuan.

"Mereka harus menjadi petarung yang siap memenangkan kursi parlemen untuk nantinya sanggup menjadi penyambung lidah kaum perempuan. Karena perempuan lebih tahu tentang kebutuhan perempuan," ujarnya.

Masih kata Candrawati, baru  Garnita NasDem yang pertama kali menggelar acara pembekalan khusus kepada caleg perempuan. Menurutnya ini menunjukkan keseriusan NasDem dalam memperjuangkan aspirasi kaum perempuan. 

“Karena kita tidak ingin kaum perempuan hanya dipasang nama sekadar untuk memenuhi kuota perempuan," katanya.

Hadir dalam kegiatan kali ini Ketua Umum Garnita Malahayati NasDem Irma Suryani Chaniago, Ketua DPW Bali Ida Bagus Oka Gunastawa dan Bendahara IGN Bagus Eka Subagiartha serta pengurus DPD Partai NasDem kabupaten/kota se Provinsi Bali.

Dalam acara yang berlangsung selama dua hari ini, para caleg perempuan juga mendapatkan kesempatan untuk menyimak pemaparan dari berbagai narasumber seperti KPU dan Bawaslu Provinsi Bali, hingga akademisi Dr I Nyoman Subanda serta Dr Ni Made Ras Amanda.(*)

Add Comment