a

Surya Paloh Siap Mundur Jika NasDem Hanya Peroleh 36 Kursi DPR RI

Surya Paloh Siap Mundur Jika NasDem Hanya Peroleh 36 Kursi DPR RI

MAKASSAR (28 September): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan dirinya siap mengundurkan diri sebagai ketua umum partai jika perolehan kursi DPR RI masih sama dengan perolehan 2014 lalu yaitu 36 kursi.

Penegasan itu disampaikan Surya saat memberikan sambutan di acara Pembekalan Caleg NasDem se Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dilangsungkan di Hotel Claro Makassar, Kamis (27/9).

"Harus berani katakan selamat tinggal jika tetap segitu. Saya harus mengundurkan diri sebagai ketua umum, karena artinya, saya tidak bisa membesarkan partai ini," tegas Surya Paloh.

Pada Pemilu 2014 lalu, NasDem memang terbilang bagus dengan perolehan 36 kursi DPR RI. Jumlah itu dianggap cukup sebagai partai baru. Terlebih di pemerintahan sekarang sudah mendudukkan tiga menteri, tiga duta besar dan satu dewan pertimbangan presiden.

Oleh karenanya, tambah Surya, pada Pemilu 2019 ini, NasDem punya target besar. Selain sebagai pemenang pemilu dengan masuk tiga besar, juga memenangkan pemilihan presiden. "Berkaca pada tiga pilkada serentak yang sudah kita lalui, tentu kita bisa," katanya.

Lebih jauh Surya Paloh juga menegaskan, jika pada Pemilu 2019 NasDem harus berani memenangkan kompetisi ini, dengan mengeluarkan kemampuan seoptimal mungkin. 

"Konsistensi dan militansi harus dipunyai. Konsistensi dan keuletan menjadi syarat," tegasnya.

Namun demikian Surya mengatakan dirinya amat yakin, targetnya bisa 100 kursi di DPR RI bisa tercapai.  Meski menurutnya ada lembaga survei yang mengatakan sebagai partai penghayal. 

"Tapi kalau dibilang begitu, kita manggut dan senyum saja. Jika ditanya kursi banyak itu dari mana? Kita jawab dari akal sehat, kemampuan dan soliditas. Saya punya kalian," ungkap Surya Paloh di hadapan lebih dari seribu caleg Partai NasDem yang ikut pembekalan.

NasDem Sulsel sendiri ditargetkan meraih enam kursi dari 24 kursi yang diperebutkan oleh 16 partai politik, di tiga daerah pemilihan, dari yang sebelumnya pada 2014 hanya mampu menduduki dua kursi saja.

Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse saat dimintai tanggapannya, dengan target yang naik tiga kali lipat mengaku optimistis bisa mencapainya. 

"Strategi dan taktiknya tentu menjadi rahasia, tapi kita juga rangkul banyak pihak, menjadi energi baru," jelasnya.

Bahkan, menurutnya, target itu tidak muluk-muluk, dan yakin bisa mencapainya, paling tidak dua kursi pada satu daerah pemilihan. (MI/*)

Add Comment