a

Berharganya Tiap Suara, NasDem Sumenep Siapkan Saksi di 4.315 TPS

Berharganya Tiap Suara, NasDem Sumenep Siapkan Saksi di 4.315 TPS

SUMENEP (24 September): NasDem Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membentuk Komisi Saksi NasDem (KSN) untuk mengamankan suara calon legislatif yang akan bertarung April 2019 mendatang. Sedikitnya dua saksi akan ditempatkan di tiap tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Sumenep, Tirmidzi mengatakan, pembentukan KSN ini guna menghadapi pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres). Nantinya, saksi-saksi tersebut akan disebar di 4.315 TPS di Kabupaten Sumenep.

“Betapa mahalnya harga satu suara itu. Untuk itu kita akan betul-betul mengawal Pemilu 2019 yang akan datang ini,” ungkap Tirmidzi usai pengukuhan KSN Sumenep, Sabtu (22/9).

Lebih jauh Tirmidzi menuturkan, bagi NasDem saksi memiliki peranan penting dalam pelaksaan pemilu mendatang. Sebab, kehadiran saksi untuk mengawal surat suara saat pemungutan.

“Saksi ini untuk mengawal celah-celah yang diperkirakan akan menghilangkan suara NasDem,” jelasnya.

Untuk itu, NasDem Sumenep akan memersiapkan minimal satu saksi di tiap TPS. Tetapi sesuai intruksi DPP NasDem seharusnya satu TPS minimal dijaga dua saksi. 

“Saat ini kita masih membentuk saksi di tingkat Kecamatan dan Koordes (Koordinator Desa),” ujarnya.

Sekretaris KSN DPP NasDem, Nasrullah menambahkan, keberadaan saksi ini sangat penting. Sebab, NasDem adalah partai yang baru mengikuti Pemilu 2014. Sehingga beberapa catatan di 2014 perlu dievaluasi, seperti keterbatasan saksi yang berakibat banyak suara NasDem hilang.

“NasDem bisa memperoleh suara, tapi hilang. Dalam konteks ini kami memiliki strategi untuk mengamankan suara di tiap-tiap TPS,” ungkapnya. (NasDem Sumenep/Eddy/*)

Add Comment