a

Prananda Bantu Obati Aura Penderita Thalasemia

Prananda Bantu Obati Aura Penderita Thalasemia

MEDAN, (18 September): Prananda Surya Paloh, anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, memberikan bantuan pengobatan kepada Aura, bocah berusia 7 tahun penderita Thalasemia, warga jalan Medan Utara, Gang Karya Bakti, Kecamatan Medan Tembung, Kabupatan Kota Medan, Sumatera Utara (18/9).

Aura bersama ibunya  yang dijemput ambulans PSP Center tiba di Rumah Sakit Sari Mutiara, Selasa (18/9) pagi untuk menjalani pengobatan atas penyakit Thalasemia yakni penyakit kelainan darah yang dideritanya sejak lahir.

 

Tim kesehatan PSP Center dokter Tuahman Purba didampingi Ketua PSP Center Gandhi Manurung menerima Aura di rumah sakit. Aura langsung diperiksa guna memastikan bahwa bocah yang duduk di kelas dua Sekolah Dasar tersebut menderita penyakit kelainan darah sehingga harus dirawat di rumah sakit.

“Berawal dari temuan tim PSP Center di lapangan yang melaporkan adanya masalah kesehatan salah satu keluarga di kawasan Medan Tembung. Mendengar itu Prananda langsung meminta timnya untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.  Berdasarkan hasil kunjungan, benar bahwa di rumah itu ada seorang anak perempuan menderita penyakit kelainan darah sehingga harus dilakukan pengobatan secara serius," ungkap dr Tuahman Purba. 

Tuahman menambahkan pasien merupakan warga kurang mampu. Meski memiliki kartu BPJS  namun karena alasan tidak mampu membayar iuran setiap bulannya kartu tersebut sudah lama tidak aktif.

“Berdasarkan pengakuan ibu Aura, dari tiga orang abang Aura dua di antaranya sudah meninggal dunia akibat penyakit yang sama. Kita berharap dengan adanya bantuan dari PSP Center ini dapat membantu meringankan penderitaan keluarga sehingga Aura dapat kembali beraktivitas sekolah seperti anak lainnya,“ urai Tuahman Purba.

Di Rumah Sakit Sari Mutiara sendiri saat ini ada tiga pasien penderita penyakit Thalasemia yang sedang menjalani perawatan. Bahkan jumlah penyakit kelainan darah yang diakibatkan faktor genetika ini meningkat setiap bulannya. Berdasarkan rujukan sekitar 25 orang datang setiap 21 hari sekali untuk diberikan darah.

 “Biasanya setelah diberikan darah pasien akan kembali normal seperti biasanya," ujar Tuahman.

Ketua Yayasan PSP Foundation, Gandhi Manurung berharap dengan bantuan Prananda melalui PSP Center dapat meringankan beban dan penderitaan yang menimpa keluarga. "Mereka merupakan warga yang patut kita bantu. Semoga proses pengobatannya berjalan lancar dan kita dokan agar Aura segera sembuh dan dapat menjalani aktivitasnya bersekolah dan bermain seperti anak-anak lainnya," pungkas Gandhi.(PSP Center/*)

Add Comment