a

Gubernur NTT Terpilih Siapkan 250 Miliar untuk Bangun Jalan Perbatasan

Gubernur NTT Terpilih Siapkan 250 Miliar untuk Bangun Jalan Perbatasan

KUPANG (26 Agustus): Pasangan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (Victory-Joss) akan menepati semua janji  kampanye mereka setelah dilantik pada 17 September 2018.

Di antaranya membangun infrastruktur jalan dan jembatan untuk meretas isolasi wilayah dan menuntaskan infrastruktur jalan di desa-desa perbatasan RI-Timor Leste guna memperlancar distribusi hasil pertanian ke pasar.

Di tahun pertama kepemimpinan pasangan Viktor-Josef mengalokasikan anggaran sebesar Rp 250 miliar untuk mendanai pembangunan jalan menuju perbatasan RI-Timor Leste. Di antaranya jalan menuju Amfoang, wilayah di Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

"Seluruh jalan menuju arah utara dibangun dua jalur dengan lebar delapan meter," kata Viktor Laiskodat, Minggu (26/8).

Setiap musim hujan, Amfoang sering terisolasi lantaran banjir dan jalan berlumpur. Ada 188 sungai besar dan kecil yang memisahkan Kota Kupang dengan wilayah itu. Isolasi wilayah berdampak naiknya harga jual bahan kebutuhan pokok karena pasokan dari Kupang terhenti.

Pada kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur sebelumnya, Viktor mengatakan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di NTT bakal menelan anggaran antara Rp 14-Rp 15 triliun.

Jalan diperlebar dan di-hotmix, termasuk ruas jalan provinsi 2.850 kilometer. Saat ini, sekitar 1.180 kilometer ruas jalan provinsi dalam kondisi rusak. Jika jalan sudah diperlebar, transportasi antardesa dengan kota lancar dan cepat. 

Selain itu, distribusi hasil bumi ke pasar di kota juga lancar sekaligus mendorong investor untuk berinvestasi di daerah ini. (MI/*)

Add Comment