a

NasDem Apresiasi Kebijakan Luar Negeri Pemerintah di Pidato Kenegaraan

NasDem Apresiasi Kebijakan Luar Negeri Pemerintah di Pidato Kenegaraan

JAKARTA (16 Agustus): Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi yang disampaikan hari ini dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia memaparkan berbagai kebijakan internasional yang sudah dilakukan oleh pemerintah. 

Ketua DPP Partai NasDem bidang Hubungan Luar Negeri Martin Manurung mengatakan bahwa berbagai kebijakan pemerintah yang dipaparkan tersebut telah meningkatkan wibawa Indonesia di dunia internasional.

“Tonggak pengakuan dunia internasional di antaranya adalah terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020,” kata Martin di Jakarta (16/8).

Lebih jauh Martin menambahkan, diplomasi Indonesia mewujudkan perdamaian dunia juga menunjukkan pengakuan internasional bahwa Indonesia adalah jembatan dari berbagai perbedaan.

“Presiden memberikan contoh akan hal ini di mana Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ulama Indonesia-Afghanistan, Konsultasi Tingkat Tinggi Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia, Indonesia-Afrika Forum,” jelas Martin.

Berbagai perkembangan positif lainnya adalah dicabutnya larangan terbang bagi maskapai Indonesia oleh Komisi Eropa. 

“Pencabutan larangan itu menunjukkan Eropa telah memercayai manajemen kerdigantaraan kita. Mereka tidak takut lagi akan mismanajemen yang sebelumnya terjadi dan membahayakan keselamatan penerbangan,” kata Martin.

Dalam dinamika perdamaian di Timur Tengah, secara khusus pemerintah Indonesia di bawah Presiden Jokowi juga bersikap konsisten akan kemerdekaan Palestina.

“Sikap yang konsisten atas kemerdekaan Palestina ini pasti akan membawa dinamika dan risiko, khususnya terkait posisi politik Amerina Serikat saat ini. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia,” pungkas Martin.(*)

Add Comment