a

NasDem Dorong Wujudkan Demokrasi yang Substansial

NasDem Dorong Wujudkan Demokrasi yang Substansial

JAKARTA (15 Agustus): Masa peralihan penerapan demokrasi dalam pemilu di Indonesia dari yang bersifat prosedural menuju substansial dinilai berkembang sangat lambat. Karena itu, Partai NasDem berdiri untuk bisa mewujudkan demokrasi yang substansial tersebut dapat terimplementasi dengan baik di Indonesia.

"Pemilu itu tidak hanya sekadar prosedural, tapi menghasilkan pemimpin yang berkualitas, dicintai oleh rakyatnya, dipercaya oleh rakyatnya dan bisa jadi role model menuju kemajuan yang lebih substantif," kata Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate kepada Media Indonesia, Selasa (14/8).

Untuk mewujudkan demokrasi yang substansial, terang Johnny, NasDem secara konsisten menerapkan gerakan tanpa mahar dan tanpa syarat baik dalam Pilkada, Pileg maupun Pilpres. 

"Gerakan politik tanpa mahar, tanpa syarat, konsistensi dalam komitmen politik, itu untuk mengembalikan dari (demokrasi) prosedural ke substansial," tegasnya.

Gerakan tersebut, sambung Johnny, diterapkan oleh NasDem secara konsisten dalam tataran aksi, bukan hanya  di atas kertas. 

"Dalam operasi-operasi politik ini, tanpa mahar, tanpa syarat dan konsisten, ini sebagai keadaban politik yang baru," tegasnya.

Gerakan tersebut, tambah Johnny, akan menghasilkan pemimpin bangsa yang bersih dan amanah serta bisa membawa Indonesia menuju kesejahteraan. 

Selama ini, jelasnya, NasDem selalu berupaya untuk mengusung pemimpin yang bersih, merakyat, mempunyai kemampuan eksekutif yang baik dan mau kerja nyata, baik di Pilkada, Pileg, maupun Pilpres.(MI/*)

Add Comment