a

Badan Rescue NasDem Dipercaya Tangani Kesehatan Korban Gempa di Tanjung

Badan Rescue NasDem Dipercaya Tangani Kesehatan Korban Gempa di Tanjung

LOMBOK (12 Agustus): Badan Rescue NasDem (BRND) dipercaya menangani kesehatan korban gempa di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 Hal tesebut disampaikan Yudi Aulia Rachman, Koordinator lapangan BRND melalui saluran telepon, Minggu (12/8).

"Setelah dilakukan rapat antarinstansi terkait mulai dari TNI AD, Dinas Kesehatan setempat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Basarnas, Badan Rescue NasDem dipercaya untuk menangani masalah kesehatan korban gempa bumi di Lombok di Kecamatan Tanjung," ungkap Yudi Aulia.

Dijelaskan Yudi, ketetapan tersebut pada tanggal 11 Agustus kemarin dan mulai berlaku terhitung hari Minggu, 12 Agustus.

"Dengan adanya perubahan pola penanganan korban gempa di Lombok tersebut, maka kami menerapkan pola baru konsentrasi bantuan kesehatan agar seluruh relawan dapat bekerja secara maksimal," papar Yudi.

Diterangkan Yudi, pola operasi baru yang dimaksud adalah dengan membagi tim relawan ke dalam beberapa kelompok.  Yudi juga memberikan catatan, akibat gempa bumi berkekuatan 7 SR dan susulan berikutnya mengakibatkan 70% bangunan rubuh, 25% hampir rubuh dan 5% masih bisa berdiri.

"Pertama adalah posko induk, ini terletak di pusat kecamatan. Kemudian ada tiga tim bergerak yang bertugas setiap hari berkeliling dari satu lokasi ke lokasi lainnya secara bergantian," terang Yudi yang telah berpengalaman menjadi koordinator relawan bencana dari BRND.

Ditambahkan Yudi, pada setiap kelompok akan diisi oleh dua orang dokter dan empat orang paramedis.

"Ini merupakan kepercayaan bagi Badan Rescue NasDem. Semoga kepercayaan ini bisa dipegang teguh seluruh relawan Rescue NasDem untuk bisa melayani korban dengan baik," pungkas Yudi.(*)

Add Comment