a

Coach Nilmaizar Jelang Laga Final Timnas U-16 Indonesia

Coach Nilmaizar Jelang Laga Final Timnas U-16 Indonesia

JAKARTA (11 Agustus): Timnas Indonesia U-16 akan melakoni laga final Piala AFF U-16 kontra Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo malam ini, Sabtu (11/8).

Sejak gelaran Piala AFF U-16 pertama kali diadakan tahun 2002, Indonesia belum pernah merasakan manisnya gelar juara.

Prestasi terbaiknya adalah menjadi runner-up pada tahun 2013 ketika turnamen digelar di Myanmar dan di laga final Timnas kita harus takluk dari Malaysia lewat drama adu penalti. 

Mantan pelatih Timnas Indonesia, yang juga Caleg DPR RI dari NasDem untuk Sumatera Barat II, Nilmaizar, melihat malam ini Bagus Kahfi dan kawan-kawan memiliki kesempatan besar untuk menuntaskan dahaga juara dari masyarakat Indonesia.

Menurutnya,  memang tidak akan mudah, lantaran anak asuh Fachry Husaini harus menghadapi Thailand di partai puncak yang selama ini selalu menjadi batu sandungan Timnas Indonesia, mulai dari level junior hingga senior.

Tetapi, Nilmaizar melihat faktor tuan rumah dan dukungan penuh publik, akan menjadi suntikan motivasi yang luar biasa buat skuat garuda muda kita.

"Kabar bagusnya, Indonesia sebagai tuan rumah punya motivasi lebih karena dukungan penuh penonton. Tim seperti Thailand pun akan gentar, jika 20 ribu lebih penonton memberi tekanan pada mereka," kata pelatih yang saat ini menukangi PS Tira itu. 

Nil yang juga kader Partai NasDem ini mengingatkan bahwa faktor kebugaran fisik pemain bakal jadi salah satu penentu.

“Mengingat, kedua tim hanya punya jeda satu hari untuk recovery setelah menjalani laga semi-final,” ungkapnya melalui keterangan tertulis kepada partainasdem.id.

Walau begitu, bakal calon anggota legislatif Partai NasDem DPR RI ini mengingatkan faktor mental juga sangat menentukan, apalagi untuk sebuah pertandingan final.

“Yang paling penting adalah, tidak perlu merasa kalah kelas dari Thailand, dan tak terjebak memandang lawan sebagai sebuah momok menakutkan,” tegasnya.

Salah satu kuncinya menurut Nil, adalah, pemain harus bisa terus fokus dengan taktikal dan strategi yang direncanakan tim pelatih.

Selain itu, kata Nil, skuat garuda muda kita harus mampu bermain sabar dan cerdas, mengingat Thailand merupakan tim yang punya kualitas rata-rata di atas lawan-lawan Indonesia sebelumnya. 

“Ditambah fighting spirit tinggi dan dukungan penonton, Indonesia berpeluang besar tampil sebagai pemenang dan juara,” tukas Nil.

Sebelumnya di ajang Piala AFF U-16, Thailand menjadi tim tersukses di turnamen ini bersama Vietnam. Kedua tim tersebut sudah mengoleksi tiga gelar juara di Piala AFF U-16.

Dari dua pertemuan terakhir, Timnas Indonesia satu kali takluk dari Thailand di ajang Piala AFF U-15 tahun lalu dengan skor tipis 1-0 dan masih di tahun yang sama Timnas Indonesia berhasil membalas kekalahan dengan meraih kemenangan 1-0 pada ajang kualifikasi Piala Asia U-16 2018.(*)

Add Comment