a

Ranta Soeharto Nyaleg Lewat NasDem

Ranta Soeharto Nyaleg Lewat NasDem

JAKARTA, (19 Juli): Mantan Sekretaris Daerah Banten Ranta Soeharta dipastikan maju sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) melalui Partai NasDem. Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Banten Wawan Iriawan. 

"Pak Ranta sudah gabung dengan Partai NasDem, beliau maju sebagai bakal caleg NasDem untuk DPR RI dapil Banten dua (Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon),” kata Wawan, saat memberikan keterangan pers Partai NasDem usai mendaftarkan bakal caleg DPRD Provinsi Banten, di KPU Banten, Senin (16/7).

Wawan melanjutkan, Ranta telah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran caleg DPR RI. Sesuai peraturan, Ranta juga sudah mengurus surat pengunduruan dirinya sebagai Sekda Banten. 

“Seminggu lalu saya diskusi dengan Pak Ranta, NasDem ini partai modern yang membutuhkan para tokoh di Provinsi Banten, termasuk beliau,” ujarnya.

Menurut Wawan, Partai NasDem menilai Ranta memiliki kapasitas dan kriteria sebagai sosok yang visioner.  Apalagi, Partai NasDem sedang mencari dan membutuhkan sosok tersebut. Oleh karena itu, kata dia, Partai NasDem tidak ada keraguan merekrut Ranta yang juga sudah teruji sebagai birokrat.

Ia menambahkan, Ranta juga sudah tercatat sebagai anggota Partai NasDem. Hal itu menjadi bukti keseriusannya bergabung dengan NasDem sebagai tempat meniti karir sebagai politisi. Bergabungnya Ranta dengan partai pengusung Politik Tanpa Mahar tersebut, dinilai Wawan bukan tanpa sebab. NasDem berdasarkan hasil survei merupakan partai politik yang paling transparan sehingga cocok untuk para tokoh bergabung.

“Jadi bakal caleg dari NasDem gratis, tidak ada mahar, bahkan materai pun disiapkan oleh partai. Itu salah satu alasan yang membuat Pak Ranta memilih NasDem yang konsisten mengusung restorasi Indonesia,” jelasnya.

Sekretaris Badan Pemenangan pemilu (Bapilu) DPP Partai NasDem Willy Aditiya menjelaskan bahwa Ranta dipanggil langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Willy menegaskan, Ranta mendapatkan pryoyeksi khusus dari Surya Paloh. Namun Willy tidak memaparkan lebih lanjut apa narasi khusus yang diberikan kepada Ranta. 

"Saya mendampingi Pak Ranta saat dipanggil oleh Surya Paloh beliau dapat tugas khusus dari NasDem," ujarnya. 

Berdasarkan daftar nama caleg yang dihimpun dari beberapa partai politik, dapil Banten II berpeluang menghadirkan persaingan ketat. Selain tokoh lokal, dapil tersebut juga memunculkan beberapa nama tokoh nasional yang diterjunkan partainya untuk meraih kursi senayan dari dapil tersebut. Selain itu, Ranta juga harus bersaing dengan para petahana yang merebut kursi senayan pada Pemilu 2014.(*)

Add Comment