a

39% Bacaleg Perempuan, NasDem Lampung Isi 100% Kuota Kursi

39% Bacaleg Perempuan, NasDem Lampung Isi 100% Kuota Kursi

BANDAR LAMPUNG, (17 Juli):  Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Lampung, Taufik Basari memimpin langsung pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi NasDem Lampung ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Senin, (16/7). Sedangkan di setiap Kabupaten/Kota se-Lampung dipimpin oleh masing-masing Ketua Partai NasDem tingkat Kabupaten/Kota.

NasDem Lampung mendaftarkan 690 orang caleg atau 100% dari jumlah kursi DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota. Rinciannya terdiri dari 85 caleg untuk tingkat provinsi dan 605 caleg untuk tingkat kabupaten/kota.

Taufik Basari mengatakan bacaleg-bacaleg NasDem yang didaftarkan ke KPU memiliki latar belakang yang beragam. 

“Caleg-caleg NasDem di Lampung ini sangat beragam dan masing-masing memiliki kekuatan di bidangnya. Ada yang memang berlatar belakang politisi, ada pengusaha, ada aktivis perempuan, aktivis Hak Asasi Manusia dan bantuan hukum, aktivis anti korupsi, aktivis lingkungan hidup, ada tokoh petani, dokter, tokoh agama atau ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, wartawan, artis, aktivis media sosial, ada juga tokoh yang dikenal sebagai seniman jalanan” kata Taufik Basari. 

Lebih jauh disampaikan Tobas, panggilan akrab Taufik Basari mengatakan, keberagaman ini merupakan semangat NasDem untuk memfasilitasi orang-orang terbaik di tengah masyarakat dan dapat memperjuangkan berbagai aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat.

Selain tokoh-tokoh berbagai bidang dan pengurus NasDem, terdapat pula beberapa tokoh partai lain yang keluar kemudian bergabung dengan partai NasDem. Di antaranya ada yang dulunya merupakan pimpinan partai politik dan ada juga yang merupakan petahanan anggota legislatif. 

“Kami terbuka terhadap siapapun yang mau bergabung dengan partai NasDem. Di Partai NasDem tidak ada istilah orang baru, anak indekost, orang luar, dan sebagainya. Begitu menjadi kader NasDem maka ia adalah keluarga besar NasDem. Bagi kami yang terpenting adalah kita punya nilai-nilai yang sama, memperbaiki bangsa ini dan memperjuangkan kepentingan rakyat”, jelas Taufik Basari.

39% Caleg Perempuan

Dari 690 caleg yang didaftarkan NasDem Lampung terdapat 267 bacaleg perempuan dan 423 bacaleg laki-laki. Dengan demikian, terdapat 39% caleg perempuan yang didaftarkan NasDem Lampung ke KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

“NasDem sangat mendorong partisipasi perempuan dalam berpolitik. Bagi kami kesetaraan gender sudah menjadi nilai-nilai politik di NasDem,” ujar Taufik. 

Ditambahkan Tobas, ada beberapa dapil dan kabupaten yang caleg perempuan ebih dari minimal jumlah kuota perempuan, di antaranya di dapil Provinsi Lampung 4 (Pesawaran, Pringsewu, Metro) terdapat 64% caleg perempuan atau untuk tingkat kabupaten, di Kabupaten Pringsewu dari 40 kursi terdapat 20 caleg perempuan dan 20 caleg laki-laki atau 50% jumlah perempuan yang menjadi caleg. Di Kabupaten Lampung Timur dari 50 kursi terdapat 21 caleg perempuan dan 29 caleg laki-laki atau 43% caleg perempuan sementara di kabupaten-kabupaten lain antara 36-40% caleg perempuan.

 
“Kami Partai NasDem mengharapkan doa dukungan masyarakat atas perjuangan kami memperbaiki bangsa ini,” tutup Taufik Basari.(*)

Add Comment