a

Kader NasDem Jepara Bantu Disabilitas Dapatkan SIM

Kader NasDem Jepara Bantu Disabilitas Dapatkan SIM

JEPARA, (6 JUli): Kader Partai NasDem di Jepara, Jawa Tengah (Jateng), bersama sejumlah relawan mengawal dan mendampingi 35 warga penyandang disabilitas datang ke kantor Polres Jepara untuk memfasilitasi pembuatan surat izin mengemudi (SIM).

“Agar mereka tidak lagi kucing-kucingan dengan polisi saat berkendara di jalan raya. Sebagian besar peserta merupakan tunadaksa, tapi ada juga warga tunarungu,” papar Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Jepara, Nur Hidayat.

Lebih jauh Nur Hidayat memaparkan, jumlah disabilitas di Jepara mencapai 6.000-an warga. Dari jumlah itu, baru sekitar 200 orang sudah masuk komunitas yang menaungi warga berkebutuhan khusus

“Kita fokus memberikan pendampingan kepada rekan difabel. Secara bertahap akan terus kita fasilitasi. Nanti masih akan ada pembuatan SIM D lagi,” tutur Nur Hidayat.

Meski berstatus difabel, proses untuk mendapatkan SIM harus dijalani mereka sama dengan warga biasa. Warga berkebutuhan khusus ini juga harus lolos tes kesehatan hingga uji berkendara dengan kendaraan mereka.

Kapolres Jepara Ajun Ko­misaris Besar Yudianto Adhi Nugroho menyatakan pem­buatan SIM D khusus penyandang disabilitas menjadi salah satu program kerjanya. Meski begitu, jajarannya juga mensyaratkan hal-hal khusus terkait dengan keselamatan berkendara.

Ismail, penyandang disabilitas, mengaku bersyukur bisa mengantongi SIM D.

“Sudah 8 tahun saya pakai sepeda motor dan baru sekarang bisa pegang SIM.” (MI/*)

Add Comment