a

Peradaban Baru Indonesia Hadir di Sidrap

Peradaban Baru Indonesia Hadir di Sidrap

SIDRAP, (2 Juli): Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulsel, H. Rusdi Masse (RMS) mengungkapkan bahwa keberadaan sarana Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap tidak lepas dari peran aktif semua pihak.

Hal tersebut disampaikan RMS saat menanti kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan PLTB Sidrap bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Senin (2/7).

“Ini akan kita jaga terus, kawal terus. Pemkab Sidrap bukan hanya tahap dua kita support tapi sebelumnya ini tahap pertama kita support penuh,” ujar RMS.

Menurut RMS, PLTB Sidrap ini adalah sebuah kebanggaan bagi warga Sidrap dan seluruh warga Indonesia. Wajar saja turbin penghasil tenaga listrik yang berbentuk kincir di tengah hamparan bukit luas nan indah ini kerap ditemui di Eropa.

RMS menilai PLTB Sidrap sudah selayaknya peradaban baru Indonesia yang hadir di Kabupaten Sidrap. PLTB Sidrap merupakan salah satu energi alternatif terbarukan pertama dan terbesar di Indonesia yang dapat menghasilkan sedikitnya 75 MW daya listrik.

“Mari kita saling support. Dengan adanya PLTB Sidrap ini selain akan meningkatkan energi juga meningkatkan perekonomian Sidrap tentunya,” terang RMS.

Tidak mudah bagi RMS untuk merealisasikan kincir angin berkekuatan 75 Mega Watt (MW) yang akan melayani 70.000 pelanggan itu. Ia bahkan harus bergadang di PLTB yang berlokasi di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Ini kan investornya sangat ketat dan saklek. Sedikit saja gangguan pasti mereka kabur. Makanya saya bahkan pernah begadang di lokasi,” kenang RMS.

Saking kagumnya, Menteri Rini, bahkan berulang kali menyebutkan bahwa kali itu pihaknya sedang berada di Sidrap, satu kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan, Indonesia. Bukan sedang berada di tatar Eropa.

“Pak Bupati ini hebat loh. Turbin ini kan biasanya kita dapat kalau kita ke Eropa. Ingat, ini bukan Eropa loh, ini Sidrap. Ini Sidrap,” sebut Menteri Rini.

RMS juga tampak asyik berbincang dengan Menteri PU Basuki Hadimuljono dan Menteri ESDM Ignius Jonan sambil menanti kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).(*)

Add Comment