a

Perhitungan Sementara Lukas – Klemen Pemenang Pilkada Papua

Perhitungan Sementara Lukas – Klemen Pemenang Pilkada Papua

JAKARTA, (30 Juni): Papua merupakan salah satu provinsi yang melakukan pemilihan gubernur pada pilkada serentak tahap tiga 2018. Provinsi Papua memiliki 28 Kabupaten dengan kondisi geografis yang memiliki keunikan sendiri membuat pnghitungan hasil pilkada membutuhkan waktu lebih panjang dibandingkan provinsi lain.

Saat ini beredar kabar, pemenang pilkada Papua adalah Wempi-Habel.  Menanggapi hal tersebut Willy Aditya Ketua DPP Partai NasDem menyatakan, pernyataan tersebut berasal dari tabulasi yang ada di website KPU. Datanya baru masuk sekitar 5% atau 77.300 suara jadi tidak bisa dijadikan acuan untuk mengkalim kemenangan, karena DPT Papua ada 3.411.217 suara.

“NasDem bersama partai koalisi pendukung Lukas-Klemen membuat tabulasi data dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Jayapura. Sementara ini data yang masuk sudah sebesar 38, 24% atau setara  1.304.590 suara.  Posisinya Lukas-Klemen  824.485 atau 24,17% suara. Sedangkan Wempi-Habel 461.838 suara atau 13,54% dari seluruh jumlah DPT,” terang willy Aditya di Jakarta, Sabtu, (30/6).

Willy Aditya juga meminta kepada KPU agar segera melakukan pembaharuan data, sehingga data yang ada di website terus berubah sesuai penghitungan yang terjadi di Papua. Jika data tidak diperbaharui dapat menimbulkan dis informasi di tengah masyarakat Papua.

“Kita harus memiliki sensitifitas terkait dengan penghitungan suara pilkada, apalagi  provinsi Papua memiliki keunikan sendiri. Kita tentu tidak ingin karena keterlambatan, terjadi saling klaim yang dapat menimbulkan gesekan sosial,” tutup Willy Aditya

Add Comment