a

Survei Indo Barometer Ali Mazi Paling Disuka di Pilgub Sultra

Survei Indo Barometer Ali Mazi Paling Disuka di Pilgub Sultra

BAUBAU, (19 Juni): Pasangan Calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diusung Partai NasDem, Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) dikatakan unggul di Kota Baubau dengan persentase hingga 84,4 persen.

Hal tersebut disampaikan langsung  Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli saat merilis hasil survei Indo Barometer di Kota Baubau, Minggu (17/6).

Hadi menjelaskan dari hasil penelitian yang dilakukan dengan metode wawancara tertutup itu pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar menempati posisi kedua di bawah pasangan AMAN dengan persentase hasil survei sebesar 10,6 persen.

“Sementara pasangan calon nomor urut 2, Asrun-Hugua berada di posisi terakhir dengan raihan 3,0 persen,” jelas Hadi.

Survei kali ini dilakukan di Kota Baubau dengan melibatkan 404 responden yang tersebar di delapan kecamatan. Survei tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-7 Juni 2018.

Hadi menerangkan, calon gubernur kelahiran Buton, Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menjadi yang paling disukai masyarakat untuk menjadi gubernur Sultra dengan persentase mencapai 95,0 persen.

“Menyusul Rusda Mahmud 55,7 persen dan terakhir Asrun dengan perolehan 27,0 persen,” ujarnya.

Hadi menambahkan, Ali Mazi juga menjadi calon gubernur Sultra yang paling dikenal masyarakat dengan persentase mencapai 100 persen, kemudian disusul Asrun sebesar 78,7 persen dan terakhir Rusda Mahmud 76,5 persen.

“Sementara untuk wakil gubernur yang paling disukai yakni LM Sjafei Kahar dengan persentase 84,9 persen dibayangi Lukman Abunawas 82,4 persen dan terakhir Hugua 74,1 persen,” tambahnya.

Menurutnya dari hasil survei yang memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error 4,87 persen ini menunjukkan bahwa pasangan AMAN akan sangat sulit sekali dikejar oleh pasangan lain.

“Tentu ini menjadi catatan bagi pasangan calon lain untuk membuat strategi baru. Sebab, persentase Ali Mazi-Lukman Abunawas sebesar 84,4 persen akan sulit bagi paslon lain untuk mengejar,” pungkasnya.(*)

Add Comment