a

Hamdhani Apresiasi Layanan Mudik Lebaran 2018

Hamdhani Apresiasi Layanan Mudik Lebaran 2018

PALANGKA RAYA, (18 Juni): Anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah, Hamdhani, mengapresiasi persiapan dan keseriusan yang telah dilakukan Pemerintah Pusat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat saat mudik Lebaran tahun 2018.

"Bukan hanya di Pulau Jawa arus mudiknya lancar, di Pulau Kalimantan yang dominan menggunakan kapal laut pun sudah sangat baik. Kita sudah tidak melihat lagi ada masyarakat berdesak-desakan di pelabuhan laut," ujar Hamdhani, di Palangka Raya, Senin, (18/6).

Anggota Komisi VI DPR RI ini mengaku pihaknya jauh sebelum Lebaran tahun 2018 telah menyampaikan usulan maupun saran ke Pemerintah, khususnya Badan Usama Milik Negara (BUMN), agar memanfaatkan dana tanggung jawab sosial perusahaan untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung kepada masyarakat saat arus mudik.

Ditegaskan Hamdhani, usulan tersebut mulai dari menambah tempat istirahat lengkap dengan tenaga medis dan fasilitas penunjang lainnya, membuat bengkel-bengkel sementara di titik yang rawan ataupun jauh dari keramaian, kemudahan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM), serta lainnya.

"Kita mengucapkan terima kasih karena usulan dan saran itu diterima dan dilaksanakan. Kita melihat Pertamina, Jasa Marga, Telkomsel, Perbankan dan BUMN lainnya, semakin meningkat keterlibatan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat saat arus mudik Lebaran tahun ini," terangnya.

Anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem ini juga melihat keseriusan PT Pelindo dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang mudik menggunakan kapal laut. Sebab, kondisi pelabuhan, khususnya yang ada di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Pelabuhan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, pun semakin baik.

Dia mengatakan pelabuhan di dua Kabupaten yang ada di Kalteng ini sudah benar-benar memanusiakan karena memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Tidak terlihat masyarakat yang berada di pelabuhan tapi serasa di tempat penampungan.

"Apalagi PT Pelindo kan sedang membangun pelabuhan mirip Bandara di Pelabuhan Kumai. Saya sudah lihat langsung kondisi pelabuhan yang sedang dibangun itu. Tempatnya sangat nyaman, dan akan selesai sepenuhnya di tahun 2019. Ini harus dilanjutkan," pungkas Hamdhani.(*)

Add Comment