a

Survei Ridwan-Uu (Rindu) Teratas

Survei Ridwan-Uu (Rindu) Teratas

JAKARTA, (7 Juni): Berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia sepanjang Maret hingga Mei 2018, pasangan calon gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ullum (Rindu) menjadi pasangan dengan elektabiltas tertinggi di Pilkada Jawa Barat.

Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi menuturkan, saat responden disodorkan siapa calon gubernur yang dipilih tanpa ada pilihan nama, sebanyak 25,8% responden memimlih nama Ridwan Kamil. Diikuti 15,5% pilihan jatuh kepada Dedy Mizwar.

"Kita enggak kasih pilihan (nama) apa pun untuk melihat seberapa spontan masyarakat," kata Burhanuddin melalui keterangan tertulis, Kamis (7/6).

Lebih lanjut Burhanuddin menjelaskan, ketika disimulasikan dengan mengerucutkan keempat nama calon gubernur tanpa ada nama calon wakil gubernur, Ridwan Kamil tetap unggul dengan perolehan 39,5%. Sementara itu, Deddy Mizwar memperoleh 36,3%, Sudrajat 3,2%, dan TB Hasanuddin 2,9%.

"Yang berkurang adalah undecided (voters). Jadi, sebelumnya ada 50% yang belum menentukan pilihan, ketika kita kasih pilihan empat nama calon gubernur itu, berkurang menjadi 18,1%," katanya.

Kemudian, saat responden disodorkan nama-nama cagub dan cawagub Jawa Barat, Burhanuddin menjelaskan, sebanyak 40,9% memilih pasangan Ridwan Kamil-Uu Rhuzanul Ulum (Rindu). Disusul pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM) dengan 35,6%.

Menanggapi hasil survei terseut, calon wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ullum menuturkan dirinya dan Ridwan Kamil siap 100% untuk menghadapi Pilgub Jabar yang akan dilaksanakan kurang dari 3 minggu mendatang.

"Surveinya sip, kita siap menyambut Pilkada Jabar 2018," tutur UU. (Uta/*)

Add Comment