a

SYL Sebut Indonesia akan Kuat karena Zakat

SYL Sebut Indonesia akan Kuat karena Zakat

JAKARTA, (6 Juni): Ketua DPP Partai NasDem bidang Otonomi Daerah Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghimbau masyarakat untuk membayarkan zakat lewat lembaga resmi seperti Badan Zakat Nasional (Baznas) atau lembaga lain yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

SYL melanjutkan, pengumpulan zakat yang terkoordinir dengan baik nilainya tiga kali lebih besar dari total anggaran program keluarga harapan (PKH) yang mencapai Rp 70 triliun pada tahun 2019.

"Bayangkan berapa banyak persoalan akan selesai dengan cara ini," ujar SYL, Rabu (6/6).

Potensi zakat di Indonesia dikatakan oleh SYL saat ini baru diketahui berdasarkan taksiran. Potensi zakat bernilai sedikitnya Rp 240 triliun belum terkelola dengan maksimal. Padahal menurutnya dana sebesar itu akan sangat bermanfaat untuk perekonomian umat.

"Baznas dan sejumlah pakar soal zakat pernah menaksir potensi zakat Indonesia mencapai Rp 240 triliun. Jika dikelola dengan benar, Indonesia akan benar-benar kuat karena zakat," ujarnya.

Jumlah Zakat yang terkumpul secara nasional saat ini rata-rata kurang dari Rp 6 triliun. Jumlah tersebut masih jauh dari potensi yang sebenarnya bisa terkumpul.

"Masih banyak sekali zakat yang belum terkumpul dan terkelola secara nasional. Saya tidak mau berburuk sangka bahwa ada muslim tidak membayar zakat. Mana mungkin (tidak bayar zakat), itu rukun Islam dan perintahnya jelas dalam Al Baqarah ayat 267," katanya.

Menurut Syahrul belum terkumpulnya Zakat secara maksimal karena zakat di Indonesia belum sepenuhnya dikumpulkan dan dikelola oleh lembaga resmi seperti Baznas. (Uta/*)

Add Comment