a

Koalisi Tidak Boleh Berorientasi Kekuasaan

Koalisi Tidak Boleh Berorientasi Kekuasaan

JAKARTA, (5 Juni): Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP)  Partai NasDem bidang Media dan Komunikasi, Willy Adity menilai pertemuan antara Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dengan Rizieq Shihab merupakan hal wajar untuk berkoalisi di Pilpres 2019 nanti. Namun Willy mengingatkan agar koalisi tersebut harus mengedepankan visi-misi program kerja.

"Bagi NasDem, setiap partai punya hak untuk memilih kawan koalisi. Tapi yang terpenting dalam proses politik adalah gagasan apa yang ditawarkan untuk kemajuan bangsa dan umat. Jadi koalisi tidak boleh sekadar mengejar kekuasaan semata apalagi asal beda dan asal tidak suka," ujar Willy di Jakarta, Selasa, (5/6).

Wlly melanjutkan, pihaknya tidak mempermasalahkan pertemuan ketiga tokoh itu yang berencana ingin membentuk koalisi keumataan. Menurutnya, hal tersebut merupakan kompetisi di negara demokrasi.

"Namanya demokrasi terbuka tentu berbasis kompetisi, klaim nama keumatan tentu bukan hal yang baru. Dalam tradisi politik Indonesia, dulu pernah ada poros tengah dengan basis Islam. Keumatan tidak ubahnya sama dengan koalisi kerakyatan, tinggal berkompetisi secara sehat dan tidak berbasis kebencian," tandasnya.

Sebelumnya, Habib Rizieq Shihab bertemu dengan Prabowo Subianto dan politikus senior PAN Amien Rais di Mekkah, Arab Saudi. (*)

Add Comment