a

NasDem Jember Jaring Bacaleg yang Prospektif

NasDem Jember Jaring Bacaleg yang Prospektif

JEMBER, (2 Juni): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kabupaten Jember Jawa Timur (Jatim) sedang berproses menjaring Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang benar-benar prospektif untuk mengisi skuat utama di Pileg tahun 2019 mendatang.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jember, H. Marsuki Abd. Gofur, menyatakan proses rekrutmen bakal Caleg tersebut dilakukan sedemikian rupa untuk mencari calon yang benar-benar prospektif dan memiliki integritas.

“Saya sampai turun tangan sendiri. Teman-teman pengusaha, tokoh masyarakat, dan lainnya saya hubungi agar nyaleg lewat NasDem,” terangnya.

Dalam kegiatan Rapat Pleno Penetapan Bakal Calon Legislatif DPRD Jember yang berlangsung di kantor DPD NasDem Jember, Kamis (30/5) H. Marsuki menerangkan bahwa pihaknya akan tetap menjaga komitmen untuk menerapkan politik tanpa mahar.

“Para bakal Caleg sudah kita bebaskan biaya pendaftaran, sudah gratis. Itu supaya mereka bisa fokus untuk membiayai dirinya sendiri,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan pria pengusaha tebu ini bahwa penetapan nomor urut Bacaleg bukan menjadi kewenangan pihaknya melainkan hak dari DPP Partai NasDem. Untuk itu dia berharap agar para bakal calon legislatif tidak menghabiskan waktu dan berkutat memperebutkan nomor urut.

“Anggota dewan yang jadi sekarang, justru beberapa di antaranya nomor urutnya bukan nomor satu. Jadi jangan berebut nomor urut tapi berebutlah suara,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Kabupaten Jember, Samanhudi, menerangkan bahwa jumlah Bacaleg wanita sudah mencapai 35 persen. Total, NasDem sudah menjaring 84 Bacaleg dari jumlah 50 kursi DPRD yang ada di Jember.

Untuk itu menurut Samanhudi pihaknya harus bisa mengurangi jumlah tersebut demi memenuhi kuota serta mendapat calon yang prospektif dan berintegritas dari barisan calon yang mengaku sudah siap secara administrasi berkas dan visi misinya.

“Kami yakin NasDem Jember bisa meraih 12 kursi,” singkat Dosen Univerasitas Isam Jember ini.

Add Comment