a

Antusias Warga Demak Ikut Pengobatan Gratis

Antusias Warga Demak Ikut Pengobatan Gratis

DEMAK, (28 Mei): Koordinator Wilayah (Korwil) Partai NasDem Jawa Tengah (Jateng) – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Lestari Moerdijat (Mbak Rerie) menggelar kegiatan bakti sosial dengan memberikan layanan serta penyuluhan kesehatan gratis bagi masyarakat di Desa Bremi, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Sabtu (26/5).

Dalam layanan kesehatan gratis yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini tim medis memberikan himbauan bahwa sama pentingnya menajaga kesehatan selama berpuasa. Tim medis juga memberikan penyuluhan terkait bahaya penyakit maag di saat berpuasa.

"Gastritis atau yang sering orang awam penyakit maag adalah suatu peradangan pada lambung oleh karena iritasi, infeksi dan ketidakteraturan pola makan misalnya telat makan atau makan makanan yang banyak bumbu atau pedas,” ujar tim medis.

Tim medis juga memberikan tips agar terhindar dari penyakit maag yaitu dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung gas seperti kol, labu, kecambah, bawang putih, buah pir, nangka, olahan yang banyak ragi seperti tempe dan lain-lain.

“Kurangi makanan yang terlalu pedas, kecut/masam, kopi, stop konsumsi alkohol, merokok, jamu, coklat, minuman bersoda,” katanya.

Selain itu tim medis juga memberi tahu soal gejala-gejala awal yang berkaitan dengan penyakit maag.

"Gejala-gelala maag meliputi: Mual, muntah , perut terasa kembung, malas makan, nyeri ulu hati sampai terasa perih dan panas,” tambahnya.

Pada intinya dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Mbak Rerie ini tim medis menghimbau kepada warga yang terjangkit penyakit gastritis atau maag ini harus bisa menjaga pola makan tepat waktu, cukup istirahat dan hindari stres.

Acara ini sedikitnya diikuti oleh 118 warga dengan memberikan layanan kesehatan meliputi cek kolesterol, gula darah, asam urat dan penyakit umum lainnya serta pengobatan gratis.

Warga juga tampak sangat antusias dan tertib dalam menunggu giliran untuk di periksa tim medis.

Add Comment