a

Surya Paloh Tawari 50 Mahasiswa Unsyiah Study Banding ke Luar Negeri

Surya Paloh Tawari 50 Mahasiswa Unsyiah Study Banding ke Luar Negeri

BANDA ACEH, (12 Mei): Tokoh Nasional asal Aceh Surya Paloh meminta mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tak mengurung diri di kampus. Mereka perlu melihat dunia luar untuk menambah wawasan.

"Banyak melihat, kalo lihat Unsyiah saja, Banda Aceh saja, nanti terlalu sensitif. Salah dikit penistaan agama karena kita tak banyak melihat," kata Surya di Unsyiah, Banda Aceh, Aceh, Jumat, (11/5).

Surya pun mengupayakan mahasiswa Unsyiah bisa studi banding hingga keluar negeri. Dia siap membawa 50 mahasiswa terpilih untuk menengok dunia luar.

"Jangan DPR saja yang studi banding coba Unsyiah studi banding," jelas dia.

Lebih jauh Surya juga meminta mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dengan rajin membaca dan mendengar. Surya yakin dengan cara ini mahasiswa bisa semakin tangguh.

Menurut dia, ketangguhan ini diperlukan untuk memperkuat Indonesia. Pasalnya, Surya yakin Indonesia tak kurang suatu apapun untuk berjaya melebihi bangsa lain.

Indonesia, tambah Surya, kaya dari segi geografis. Negara ini memiliki 17 ribu pulau dan sebagain besar wilayahnya adalah lautan dengan segudang potensi alam. Tanah Indonesia pun subur dan mengandung kekayaan mineral.

"Siapa yang tinggal di Indonesia? tidak kurang 250 juta jiwa. Artinya kita terbesar nomor 4 di dunia," tegas Surya.

Surya pun mengajak para Unsyiah untuk rutin menghasilkan karya ilmiah. Ini penting untuk mengejar ketertinggalan Indonesia.(MTV/*)

Add Comment