a

NasDem Peduli Budaya Dukung Pesta Baratan Sambut Malam Nisfu Sya'ban

NasDem Peduli Budaya Dukung Pesta Baratan Sambut Malam Nisfu Sya'ban

JEPARA, (30 April): Dalam rangka menyambut malam Nisfu Sya’ban, para nelayan di kawasan Kalinyamat, Jepara, Jawa Tengah, menggelar pesta baratan.  Dalam kegiatan yang digelar di Desa Banyuputih, Kecamatan Kalinyamat, Jepara ini, panitia menyuguhkan pementasan sendratari yang mengangkat perjuangan Ratu Kalinyamat.

Sosok Ratu Kalinyamat merupakan salah satu pahlawan perempuan dari Jepara yang sangat diagungkan warga. Ratu Kalinyamat dikenal cukup gigih dalam mengusir Portugis.

Dari kegigihannya inilah Ratu Kalinyamat mendapat julukan dari Portugis sebagai 'Rainha de Japara, senhora poderosa e rica, de kranige dame atau Ratu Jepara, seorang wanita yang kaya-raya dan berkuasa, seorang perempuan yang gagah berani'.

Dalam festival yang didukung Korwil NasDem Jateng-DIY, Lestari Moerdijat itu menarik perhatian masyarakat. Dalam pentas tersebut ditampilkan cerita Ratu Kalinyamat dalam menumpas pemberontak Ki Benjot dan Ki Rengging yang mencoba makar dari kekuasaan Kerajaan Demak.

Panitia kegiatan, Nur Hidayat menyatakan, bahwa pesta baratan ini sengaja digelar sebagai rasa syukur masyarakat untuk menyambut nisfu syaban. Menurut dia, event seperti ini sudah menjadi agenda rutin.

”Agenda ini juga bisa menjadi daya tarik wisata ke Jepara. Kami di dewan (red;DPRD) juga tengah bersiap menggodok perda mengenai hal ini,” kata politisi NasDem Nur Hidayat.

Septi Wulandari, warga sekitar, mengaku kegiatan seperti ini sangat positif. Ia menyebut, event ini bisa memberi edukasi kepada generasi muda mengenai sosok pejuang wanita dari Jepara yang sangat disegani.

”Selain itu juga bisa menjadi sarana untuk terus melanggengkan tradisi baratan yang sudah menjadi kekayaan budaya lokal di Jepara,” terangnya.(*)

Add Comment